Keterlaksanaan Kegiatan Membelajarkan Aspek Penelitian dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI dalam Hubungannya dengan Lama Mengajar Guru Di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta

Sugiyarti, Camalina (2014) Keterlaksanaan Kegiatan Membelajarkan Aspek Penelitian dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI dalam Hubungannya dengan Lama Mengajar Guru Di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-camalina-sugiyarti-12708251078.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) persepsi guru terhadap keterlaksanaan membelajarkan aspek penelitian dalam pembelajaran fisika SMA kelas XI di SMAN se-Kota Yogyakarta di tinjau dari penilaian dokumen, observasi, dan kecocokannya dengan persepsi peserta didik; (2) keterlaksanaan kegiatan membelajarkan aspek penelitian dalam pembelajaran fisika SMA kelas XI hubungannya dengan lama mengajar guru di SMA N se-Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model discrepancy. Sebagai subjek penelitian adalah seluruh guru fisika kelas XI SMA N se-Kota Yogyakarta yang berjumlah 10 orang dan 279 peserta didik kelas XI yang diambil secara acak, satu sekolah diambil satu kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan model triangulasi yaitu kuesioner, penilaian dokumen, dan observasi, analisis data dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) menurut persepsi guru, 80% guru fisika kelas XI di SMA N se-Kota Yogyakarta telah membelajarkan aspek penelitian pada kriteria hampir selalu dilakukan dan 20% guru membelajarkan aspek penelitian pada kriteria sering dilakukan, hal ini cocok dengan hasil penilaian dokumen, observasi, dan persepsi peserta didik; (2) keterlaksanaan membelajarkan aspek penelitian pada pembelajaran fisika tidak bergantung pada lama mengajar guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterlaksanaan, aspek penelitian, lama mengajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 09 May 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12663

Actions (login required)

View Item View Item