Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT Berbantuan Media untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 7 Cilacap Jawa Tengah

Kindarto, Sigit (2014) Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT Berbantuan Media untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 7 Cilacap Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-sigit-kindarto.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar dan (2), meningkatkan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT berbantuan media pada kelas IX F SMP Negeri 7 Cilacap, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan desain Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas IX F SMP Negeri 7 Cilacap pada semester pertama tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT berbantuan media dan tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Siklus pertama mengunakan presentasi power point dan diskusi inkuiri dengan bantuan media massa cetak. Siklus kedua menggunakan presentasi power point, penggunaan handout dan diskusi inkuiri dengan bantuan media voucher card. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT berbantuan media. Pada kondisi awal rata-rata aktivitas belajar siswa 41,07% dari 32 siswa, akhir siklus I meningkat menjadi 68,30%; dan akhir siklus II menjadi 85,15%, (2) ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari kondisi awal hanya 43,75% siswa tuntas belajar, menjadi 71,88% di akhir siklus I dan akhir siklus II menjadi 87,50%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kontekstual, strategi REACT, media, aktivitas belajar, hasil belajar IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12662

Actions (login required)

View Item View Item