Peningkatan Karakter Siswa melalui Pembelajaran IPS Terpadu Model Nested di SMP Negeri 3 Banguntapan, Bantul

Sofli, Sofli (2014) Peningkatan Karakter Siswa melalui Pembelajaran IPS Terpadu Model Nested di SMP Negeri 3 Banguntapan, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sofli-12705259023.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan karakter peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu model nested di kelas, (2) meningkatkan keterampilan peserta didik, dan (3) meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran IPS terpadu model nested. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan desain spiral Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah 26 orang peserta didik kelas VII G SMP N 3 Banguntapan, Bantul tahun pembelajaran 2013/2014. Untuk mengungkap karakter menggunakan teknik observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Untuk mengungkap keterampilan menggunakan teknik observasi. Untuk mengungkap hasil belajar menggunakan tes dan dokumentasi. Tindakan yang dilakukan meliputi inkulkasi, permodelan, fasilitasi, dan pengembangan keterampilan. Penggunaan model nested untuk memudahkan pada pendekatan komprehensif dan terintegrasi dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Siklus pertama mengunakan metode ceramah dan diskusi dengan bantuan media powerpoint. Siklus kedua menggunakan metode ceramah, diskusi, dan kooperatif berpasangan, dengan bantuan media powerpoint yang dipadukan dengan bintang prestasi. Siklus ketiga menggunakan metode ceramah, diskusi, dan problem solving dengan bantuan media bintang prestasi dan powerpoint. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada peningkatan karakter peserta didik berdasarkan hasil observasi. Pada siklus I karakter peserta didik 60%; siklus II 74%; dan siklus III 83,55%. Ada peningkatan karakter peserta didik berdasarkan hasil angket. Pada siklus I 83,41; siklus II 84,70; dan siklus III 85,73. (2) Ada peningkatan keterampilan peserta didik pada pembelajaran IPS Terpadu Model Nested. Pada siklus I 56,15; siklus II 68,46; dan siklus III 71,15. (3) Ada peningkatan nilai tes peserta didik pada pembelajaran IPS Terpadu Model Nested. Pada siklus I nilai tes peserta didik 69,60; siklus II 77,69; dan siklus III 76,92. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS Terpadu model nested dapat meningkatkan karakter, keterampilan, dan hasil belajar peserta didik secara kognisi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: karakter, terpadu, model nested, hasil belajar IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 09 May 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12661

Actions (login required)

View Item View Item