Suharto, Suharto (2014) Peningkatan Hasil dan Ativitas Belajar IPS Melalui Model Problem- Based Leaning Berbantuan Media di SMP Negeri 2 Kawunganten Cilacap. S2 thesis, UNY.
|
Text
abstrak-suharto.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil dan (2) Aktivitas belajar IPS siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kawunganten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas empat pertemuan dalam dua siklus, menggunakan desain Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Kawunganten Cilacap. Nilai hasil belajar IPS dan aktivitas rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Melalui model pembelajaran Problem-based learning berbantuan media dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar. (2) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar ranah kognitif. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 60,00%, dan siklus II menjadi 85,71%. (3) Ada peningkatan nilai sikap siswa (hasil belajar ranah afektif). Rata-rata nilai sikap siswa 62,20 pada siklus I menjadi 67,97 pada siklus II atau meningkat 5,77 poin. (4) Ada peningkatan aktivitas belajar siswa; siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa 3,01 menjadi 3,37 pada siklus II, atau meningkat
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran problem-based learning, media pembelajaran, hasil belajar. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 02:48 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |