Pemetaan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian, Dan Sosial Guru Fisika SMA Di Kabupaten Kulon Progo Pascasertifikasi

Cahyotlogo, Boy Diokta (2014) Pemetaan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian, Dan Sosial Guru Fisika SMA Di Kabupaten Kulon Progo Pascasertifikasi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-boy-diokta-cahyotlogo-11708251021.swf

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran peta kompetensi guru fisika SMA di Kulon Progo dari aspek kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial; (2) mendapatkan gambaran kompetensi guru fisika SMA melalui data portofolio; dan (3) mendapatkan kesesuaian antara hasil Uji Kompetensi Guru mata pelajaran fisika SMA yang telah dilaksanakan dengan penerapan dan pelaksanaannya di lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif. Penelitian ini dilaksanakan di tiga belas (13) SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitian ini adalah guru fisika SMA yang sudah memiliki sertifikat pendidik pada tahun 2012 yang berjumlah 23 orang. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Penilaian dilakukan oleh kepala sekolah, rekan sejawat, siswa dan guru fisika yang bersangkutan.Sumber data penelitian diperoleh melalui lembar angket, observasi, analisis dokumen, dan portofolio guru fisika yang bersangkutan. Data hasil penelitian yang terkumpul berupa data kuantitatif yang diperoleh dari penskoran angket yang diisi oleh sejumlah responden dan data kualitatif yang merupakan hasil observasi dan biodata guru fisika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penguasaan kompetensi pedagogik guru fisika yang sudah sertifikasi secara keseluruhan masuk dalam kategori baik; (2) penguasaan kompetensi profesional guru fisika yang sudah sertifikasi pada aspek menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi yang diampu masuk dalam kategori baik dan pada aspek menguasai struktur dan metode keilmuan masuk dalam kategori cukup; (3) penguasaan kompetensi kepribadian guru fisika yang sudah sertifikasi secara keseluruhan masuk dalam kategori sangat baik; dan (4) penguasaan kompetensi sosial guru fisika yang sudah sertifikasi secara keseluruhan masuk dalam kategori baik

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, peta kompetensi guru, penelitian deskriptif, sertifikasi guru, uji kompetensi guru
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12657

Actions (login required)

View Item View Item