Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Model learning Cycle untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep Fisika Materi Alat Optik Bagi Peserta Didik Kelas X SMA

Rahayu, Ayu (2014) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Model learning Cycle untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep Fisika Materi Alat Optik Bagi Peserta Didik Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ayu-rahayu-11708251060.swf

Download (5MB)

Abstract

pembelajaran learning cycle yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep fisika peserta didik, (2) kelayakan SSP berbasis model pembelajaran learning cycle yang dikembangkan, (3) mengetahui pengaruh SSP berbasis berbasis model pembelajaran learning cycle terhadap keterampilan proses sains peserta didik, serta (4) mengetahui pengaruh SSP berbasis berbasis model pembelajaran learning cycle terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan merupakan modifikasi dari model R&D Borg and Gall dan model 4D Thiagarajan dan terdiri dari tahapan: (1) pendefinisian, (2) perencanaan, (3) pengembangan, dan (4) diseminasi terbatas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kolombo Yogyakarta dengan subjek pada uji coba terbatas sebanyak 20 orang dan pada uji coba lebih luas sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi untuk ahli, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar tes, dan lembar angket untuk peserta didik. Masukan terhadap SSP dan temuan di lapangan juga digunakan sebagai dasar perbaikan SSP pada tahap berikutnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan rata-rata skor dan persentase serta uji beda dengan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) SSP berbasis model learning cycle dikembangkan berdasarkan fase-fase elicit, engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation, dan extend. (2) SSP berbasis model learning cycle yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran Fisika SMA. (3) SSP berbasis model learning cycle dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. (4) SSP berbasis model learning cycle yang dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: subject specific pedagogy (SSP), model learning cycle, keterampilan proses, pemahaman konsep, materi alat optik
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12656

Actions (login required)

View Item View Item