Evaluasi Penyelenggaraan Latihan Ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA Swasta Ex-Rsbi di Kota Yogyakarta

Noor, Widya Noviana (2014) Evaluasi Penyelenggaraan Latihan Ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA Swasta Ex-Rsbi di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-widya-noviana-noor-12701251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) memperoleh informasi input (antecedents) tentang penyelenggaraan latihan ujian nasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris, (2) mengetahui proses (transactions) penyelenggaraan latihan UN Mata Pelajaran Bahasa Inggris, dan (3) mengetahui hasil (outcomes) penyelenggaraan latihan UN Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Model evaluasi yang digunakan adalah model Stake’s yang terdiri dari antecedents, transactions, dan outcomes. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) dinas pendidikan kota Yogyakarta; (2) sekolah SMA Swasta ex-RSBI kelas XII di kota Yogyakarta sebanyak empat sekolah dengan jumlah 258 siswa. Teknik pengambilan sampel dipilih secara simple random sampling. Sumber data di tingkat kabupaten adalah Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, kepala sekolah, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, document study dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) memperoleh informasi input (antecedents) tentang penyelenggaraan latihan ujian nasional Mata Pelajaran Bahasa Inggris adalah baik dilihat dari dimensi persiapan penyelenggaraannya yang meliputi pedoman, penulisan soal, kepanitiaan, jadwal dan pengawasan; (2) proses (transaction) penyelenggaraan latihan UN Mata Pelajaran Bahasa Inggris sudah baik dilihat dari dimensi penyelenggaraan yang meliputi pengamanan soal, objektifitas pelaksanaan, dan persepsi siswa; (3) hasil (outcomes) menunjukkan bahwa analisis kualitas butir soal termasuk baik, hal ini terlihat dari tingkat kesukaran butir termasuk sedang (50%), daya beda baik (70%), distraktor berfungsi dengan baik (58%) dan reliabilitas butir termasuk dalam kategori tinggi (0,851). Latihan UN memberikan manfaat yang cukup baik dan tidak terdapat hambatan dalam penyelenggaraan latihan UN Mata Pelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tryout, model Stake’s (antecedents, transactions dan outcomes), Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 30 Jun 2022 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12654

Actions (login required)

View Item View Item