Analisis untuk Menemukan Informasi Kesalahan Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Hasil Ujian Nasional (UN) Matematika SD Tahun 2012/2013 di Kota Kediri

Wulansari, Widi (2014) Analisis untuk Menemukan Informasi Kesalahan Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Hasil Ujian Nasional (UN) Matematika SD Tahun 2012/2013 di Kota Kediri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-widi-wulansari-12701251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi mengenai kesalahan konsep yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal Ujian Nasional (UN) Matematika SD Tahun 2012/2013 di Kota Kediri. Informasi yang ditemukan meliputi: (1) atribut yang mendasari butir soal, (2) materi dalam soal yang menyebabkan siswa banyak melakukan kesalahan, (3) jenis kesalahan yang dilakukan siswa, (4) letak kesalahan konsep siswa yang dominan, dan (5) penyebab utama kesalahan konsep yang dilakukan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian adalah lembar jawaban siswa dan lembar soal Ujian Nasional. Sampel penelitian berjumlah 41 sekolah dasar di Kota Kediri dengan jumlah siswa sebanyak 1.445 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Instrumen penelitian divalidasi berdasarkan pertimbangan ahli (expert judgement). Data hasil penelitian yang berupa lembar soal dianalisis menggunakan analisis konten, sedangkan data yang berupa respon siswa dianalisis menggunakan CDM (Cognitive Diagnostic Models). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) atribut yang mendasari butir soal UN Matematika SD ada 67 atribut, meliputi 4 atribut isi, 60 atribut proses, dan 3 atribut keterampilan; (2) materi yang menyebabkan siswa banyak melakukan kesalahan adalah materi geometri dan pengukuran; (3) jenis kesalahan tertinggi pada bilangan adalah kesalahan prosedur, jenis kesalahan tertinggi pada geometri dan pengukuran adalah kesalahan konsep, dan jenis kesalahan tertinggi pada pengolahan data adalah kesalahan penafsiran; (4) letak kesalahan konsep yang dominan pada bilangan adalah konsep dasar arithmetic dan konsep dasar bilangan, letak kesalahan konsep yang dominan pada geometri dan pengukuran adalah konsep dasar geometri dan pengukuran, letak kesalahan konsep yang dominan pada pengolahan data adalah konsep dasar statistika; dan (5) penyebab utama kesalahan konsep pada bilangan adalah tidak menerapkan operasi hitung dengan tepat, tidak memahami konsep bilangan berpangkat; penyebab utama kesalahan konsep pada geometri dan pengukuran adalah tidak menerapkan rumus, konsep, atau sifat-sifat bangun datar maupun bangun ruang dengan tepat; penyebab utama kesalahan konsep pada pengolahan data adalah tidak memahami konsep rata-rata, median dan modus dari data bentuk kumpulan maupun tabel.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan konsep, atribut, matematika, ujian nasional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 11 Jul 2022 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12653

Actions (login required)

View Item View Item