Studi Ketercapaian Learning Outcomes KKNI level 6 dan Kemampuan Guru Biologi SMA dalam Mengembangkan Problem-Based Learning

Adita, Arum (2014) Studi Ketercapaian Learning Outcomes KKNI level 6 dan Kemampuan Guru Biologi SMA dalam Mengembangkan Problem-Based Learning. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arum-adita-12708251012.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketercapaian learning outcomes guru biologi SMA/MA/SMK lulusan Pendidikan Biologi UNY terhadap KKNI level 6 dan (2) kemampuan guru biologi SMA/MA/SMK lulusan Pendidikan Biologi UNY dalam mengembangkan problem-based learning Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran biologi lulusan UNY 5 tahun terakhir sedangkan objek dalam penelitian ini adalah ketercapaian learning outcomes KKNI level 6 di sekolah dan kemampuan guru dalam mengembangkan problem-based learning (PBL). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Validasi instrumen meliputi validitas konstruk (construct validity) dan validitas konten (content validity) yang diperoleh melalui expert judgement. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Analisis deskiptif kuantitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari lembar angket, lembar observasi dan lembar penilaian. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan ketercapaian learning outcomes KKNI level 6 menurut guru dan kepala sekolah dikategorikan sangat baik dengan mean aktual sebesar 143,30 dan 155,22 dari rentang skor 143 ≤ x ≤ 176 sedangkan menurut peserta didik dikategorikan baik dengan mean aktual 130,03 dari rentang skor 110 ≤ x <143. Kemampuan guru biologi dalam merencanakan PBL dikategorikan baik dengan mean aktual 15,67 dari rentang skor 15 < x < 19,5. Kemampuan melaksanakan PBL dan penilaian autentik dikategorikan baik menurut guru dengan mean aktual 102,2 dari rentang skor 82,5 ≤ x < 107,25, sedangkan menurut peserta didik dikategorikan kurang dengan mean aktual 87,20 dari rentang skor 66,5 < x < 95.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning outcomes KKNI level 6, problem-based learning, guru biologi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12652

Actions (login required)

View Item View Item