Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMA di Kabupaten Sleman

Talimbung, Vera (2014) Evaluasi Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMA di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-12701251016-vera-talimbung.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik anggota, (2) relevansi materi program dengan kebutuhan anggota, (3) dukungan kepala sekolah terhadap pelaksanaan program, 4) ketersediaan sarana prasarana penunjang kegiatan, (5) partisipasi anggota, (6) kualitas pelaksanaan program, (7) manfaat program bagi guru, (8) keterampilan mengajar guru setelah mengikuti kegiatan, (9) pengaruh langsung variabel antecedent terhadap variabel transaction, (10) pengaruh langsung variabel antecedent terhadap variabel outcome, (11) pengaruh langsung variabel transaction terhadap variabel outcome, dan (12) pengaruh tidak langsung variabel antecedent terhadap variabel outcome melalui variabel transaction. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi Countenance Stake. Subjek penelitian meliputi 35 guru anggota MGMP Fisika, 525 siswa SMA/MA yang diajar oleh guru anggota MGMP, dan 5 kepala sekolah pengurus MKKS SMA Kabupaten Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumen. Instrumen kuesioner divalidasi dengan uji validitas isi dan validitas konstruk menggunakan expert judgment, analisiskorelasi item-total dan analisis faktor konfirmatori. Penentuan reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) seluruh anggota MGMP Fisika (100%) memiliki latar belakang pendidikan Fisika dan memiliki pengalaman mengajar ≥ 10 tahun, (2) materi program MGMP Fisika mempunyai tingkat relevansi yang baik dengan kebutuhan anggota, (3) dukungan kepala sekolah terhadap pelaksanaan kegiatan dalam kategori baik, (4) ketersediaan sarana prasarana penunjang kegiatan dalam kategori memadai, (5) tingkat partisipasi anggota dalam kategori aktif, (6) kualitas pelaksanaan kegiatan dalam kategori baik, (7) manfaat program bagi guru Fisika dalam kategori baik, (8) menurut persepsi siswa, secara umum tingkat keterampilan guru Fisika dalam melaksanakan pembelajaran di kelas setelah mengikuti kegiatan MGMP dalam kategori baik, (9) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara variabel antecedent tehadap variabel transaction dengan kontribusi sebesar 33%, (10) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara variabel antecedent terhadap variabel outcome dengan kontribusi sebesar 49%, (11) variabel transaction memiliki pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap variabel outcome dengan kontribusi sebesar 2,56%, dan (12) pengaruh tidak langsung variabel antecedent terhadap variabel outcome melalui variabel transaction sebesar 0,09.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, musyawarah guru mata pelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 05 Jul 2022 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12651

Actions (login required)

View Item View Item