Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Semester 2 MAN II Yogyakarta

Arsyimelati, Arsyimelati (2014) Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Semester 2 MAN II Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arsyimelati-12708251025.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran kimia terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa; (2) pengaruh penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran kimia terhadap peningkatan hasil belajar siswa; serta (3) pengaruh penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran kimia terhadap peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen kuasi dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta pada semester 2 tahun ajaran 2014/2014. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga didapat dua kelas sebagai sampel penelitian. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran. Kelompok kontrol diberi perlakuan menggunakan laboratorium riil sebagai media pembelajaran. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar angket sikap ilmiah, dan tes hasil belajar dalam ranah kognitif terhadap kimia pada materi titrasi asam basa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif yaitu dengan cara melakukan uji multivariat (MANOVA) antara nilai gain sikap ilmiah dan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan laboratorium virtual dan menggunakan laboratorium riil dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap sikap ilmiah siswa (sig. 0,178, p>0,05); (2) terdapat pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap hasil belajar siswa (sig. 0,000, p<0,05); serta (3) terdapat pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa (sig. 0,000, p<0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: laboratorium virtual, sikap ilmiah, hasil belajar kimia
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12649

Actions (login required)

View Item View Item