Hidayat, Arif (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Bermuatan Aspek-Aspek Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Literasi IPA Peserta Didik SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-arif-hidayat-12708251061.swf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) kevalidan perangkat pembelajaran IPA bermuatan aspek-aspek karakter pada tema Pencemaran Ling-kungan untuk kelas VII SMP menurut validator, 2) kevalidan perangkat pembe-lajaran IPA bermuatan aspek-aspek karakter pada tema Pencemaran Lingkungan yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan peserta didik kelas VII SMP, dan 3) kevalidan perangkat pembelajaran IPA bermuatan aspek-aspek karakter pada tema Pencemaran Lingkungan yang dikembangkan untuk meningkatkan literasi IPA peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan research and development dengan menggunakan prosedur pengembangan menurut Borg & Gall (1983). Prosedur penelitian ini me-liputi tahap studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draf produk, validasi draf produk, uji coba dan revisi draf produk, dan diseminasi produk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi karakter peserta didik, lembar angket respon peserta didik, lem-bar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta soal tes kemampuan memecah-kan masalah dan literasi IPA. Hasil penilaian perangkat pembelajaran, observasi karakter peserta didik, dan angket respon peserta didik dikonversi menggunakan skla 4. Hasil tes yang diperoleh dihitung gain skornya menurut Hake. Hasil obser-vasi keterlaksanaan pembelajaran dihitung persentase keterlaksanaannya. Hasil penelitian ini berupa produk perangkat pembelajaran IPA bermuatan aspek-aspek karakter pada tema Pencemaran Lingkungan untuk kelas VII yang terdiri dari silabus, RPP, LKPD, dan instrumen penilaian. Perangkat pembelajaran IPA bermuatan aspek-aspek karakter yang dikembangkan valid menurut validator dengan kategori sangat baik namun tidak valid untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan literasi IPA peserta didik. Rata-rata gain skor hasil tes kemampuan memecahkan masalah peserta didik sebesar 0,31 dengan kategori sedang. Rata-rata gain skor hasil tes literasi IPA peserta didik sebesar 0,10 dengan kategori rendah
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran IPA,kemampuan memecahkan masalah, literasi IPA, karakter |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 02:47 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12648 |
Actions (login required)
View Item |