Analisis Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) SMP (Paket B) Bidang Matematika di Daerah Istimewa Yogyakarta

Nurfitri, Retno (2014) Analisis Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) SMP (Paket B) Bidang Matematika di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-retno-nurfitri-12701251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas dan karakteristik butir soal UNPK SMP (paket B) bidang matematika di Daerah Istimewa Yogyakarta dan untuk mengeksplor proses pelaksanaan UNPK paket B tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan wawancara. Dokumentasi digunakan untuk dokumen soal UNPK paket B bidang matematika tahun pelajaran 2012/2013 dengan peserta sebanyak 902. Wawancara dilakukan terhadap 25 responden, yaitu 5 responden dari Dinas Pendidikan, 10 responden dari pengawas dan 10 responden peserta UNPK paket B tahun pelajaran 2012/2013. Analisis data yang digunakan adalah analisis rasional, analisis empirik, dan deskriptif kualitatif. Analisis rasional digunakan untuk menelaah butir soal dan validitas isi. Analisis empirik digunakan untuk menganalisis butir soal dengan MicroCat ITEMAN dan Bilog MG. Dan deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan UNPK paket B tahun pelajaran 2012/2013. Hasil penelitian ini adalah, (1) dari telaah butir soal diperoleh sebanyak 67,5% butir soal masuk kategori baik dan 22,5% butir soal masuk kategori cukup baik (diterima), validitas isi butir soal UNPK secara keseluruhan masuk kategori baik. (2) Berdasarkan analisis butir soal menggunakan MicroCat ITEMAN, 75% butir soal masuk kategori baik dan 5% butir soal masuk kategori cukup baik dengan reliabilitas sebesar 0,864. (3) Berdasarkan analisis butir soal menggunakan Bilog MG, pada model 1PL diperoleh 27,5% butir soal yang masuk kategori baik, pada model 2PL diperoleh 77,5% butir soal yang masuk kategori baik, dan pada model 3PL diperoleh 40% butir soal yang masuk kategori baik. Karakteristik selanjutnya adalah fungsi informasi yang diambil dari model 2PL, fungsi informasi tes maksimum sebesar 23,628 pada θ = -0,5. (4) Secara garis besar, proses pelaksanaan UNPK paket B di Daerah Istimewa Yogyakarta berjalan sesuai dengan JUKNIS pelaksanaan UNPK tahun pelajaran 2012/2013. Akan tetapi masih terdapat ketidakjujuran selama proses ujian berlangsung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, UNPK, Matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 30 Jun 2022 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12644

Actions (login required)

View Item View Item