Penerapan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal dengan Pendekatan PAKEM untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah dan Tingkat Berpikir Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di Kabupaten Jayawijaya

Matuan, Amuli Denny Irianto (2014) Penerapan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal dengan Pendekatan PAKEM untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah dan Tingkat Berpikir Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di Kabupaten Jayawijaya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-amuli-denny-irianto-matuan-12708251015.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan sikap ilmiah siswa dan mengetahui peningkatan tingkat berpikir kognitif siswa dalam pembelajaran fisika pada materi suhu dan kalor melalui pembelajaran berbasis potensi lokal dengan pendekatan PAKEM dan pendekantan konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan rancangan Pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA YPPK St. Thomas Wamena. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Setelah melakukan pengundian, diperoleh X F sebagai kelas eksperimen dan kelas XE sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa: (1) angket untuk mengukur sikap ilmiah siswa; (2) Lembar observasi pembelajaran; (3) pretest untuk mengetahui data kemampuan awal aspek kognitif siswa dan (4) posttest untuk melihat peningkatan tingkat berpikir kognitif siswa. Teknik analisis data terdiri dari (1) analisis Rasch untuk melakukan pengubahan data ordinal menjadi data interval dan untuk melihat persentasi peningkatan tingkat kognitif siswa, (2) analisis prasyarat yang meliputi; uji normalitas dan homogenitas data, (3) uji MANOVA untuk melakukan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis Rasch, jumlah siswa dengan kemampuan kognitif yang baik pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu dari 8% menjadi 88%, sedangkan pada kelas kontrol jumlah siswa dengan kemampuan kognitif yang baik mengalami penurunan yaitu dari 13% menjadi 8%. Hasil ini menunjukkan adanya pengaruh perlakuan yang diberikan terhadap tingkat berpikir kognitif siswa. Hasil analisis data juga menunjukan bahwa pada kelas eksperimen terdapat 16 siswa yang mampu mencapai KKM kelas, sedangkan pada kelas kontrol hanya 2 siswa yang mencapai KKM kelas. Sikap ilmiah siswa pada kelas eksperimen berkembang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor yang diperoleh, untuk kelas eksperimen yaitu 143,9 dan kelas kontrol 34,5. Berdasarkan hasil uji MANOVA, nilai signifikansi untuk sikap ilmiah dan tingkat berpikir kognitif menunjukkan nilai 0,000 < (0,05). Hasil uji MANOVA ini menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam sikap ilmiah dan tingkat pemikiran kognitif siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal, pendekatan PAKEM, Sikap Ilmiah, Tingkat Kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12641

Actions (login required)

View Item View Item