Evaluasi Program Penjangkauan Anak Jalanan Melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Di Kabupaten Bantul Yogyakarta

Sitompul, Nopita (2014) Evaluasi Program Penjangkauan Anak Jalanan Melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Di Kabupaten Bantul Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nopita-sitompul-12701251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat program penjangkauan anak jalanan melalui lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) di kabupaten Bantul Yogyakarta sebagai realisasi Pergub No 31 tahun 2012 tentang penjangkauan anak jalanan dalam pemberantasan anak-anak yang berada di jalanan. Jenis penelitian ini adalah evaluasi dengan model evaluasi bebas tujuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mix (perpaduan kualitatif dan kuantitatif). Subjek penelitian ini adalah warga Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dalam hal ini Rumah Perlindungan Sosial (RPS) dan Rumah Singgah Hafara di Kabupaten Bantul yang terdiri dari pimpinan, pekerja sosial/pendamping anak dan anak jalanan (22 anak, 15 anak jalanan di Rumah Singgah Hafara dan 7 anak jalanan di RPS). Demi komprehensivitas penilaian implementasi program penjangkauan anak jalanan maka pendapat pejabat Dinas Sosial tingkat provinsi DIY sebagai perumus kebijakan perlu untuk diketahui. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan program penjangkauan anak jalanan melalui lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) di kabupaten Bantul. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan angket, pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh melalui angket dianalisis melalui uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS 17 for windows dengan metode koefisien Alpha Cronbach. Hasil data dari keempat teknik pengumpulan data kemudian disesuaikan dengan kriteria penilaian yang telah dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program penjangkauan anak jalanan di LKSA kabupaten Bantul yang meliputi pemenuhan hak-hak anak, intervensi sosial, kerjasama dengan lembaga dan reintegrasi sosial anak yang tinggal di jalan berpedoman pada kriteria dan standar penilaian untuk RPS dinyatakan kurang, hal ini menunjukkan belum sesuai dengan kriteria dan standar pelaksanaan program. Rumah Singgah Hafara dalam pelaksanaan program penjangkauan anak jalanan meliputi pemenuhan hak-hak anak, intervensi sosial, kerjasama dengan lembaga dan reintegrasi sosial anak dinyatakan baik dan sesuai dengan kriteria dan standar program, namun perlu perbaikan dalam pemenuhan atas kebutuhan dasar. Faktor penghambat pelaksanaan program penjangkauan anak jalanan meliputi minimnya pengalaman pekerja sosial/pendamping anak dalam menggali informasi kepribadian dan keluarga anak jalanan, kurangnya kerjasama dengan lembaga terkait. Faktor pendukung pelaksanaan program penjangkauan anak jalanan meliputi keterlibatan intervensi sosial yang terdiri dari rangkaian kegiatan lembaga dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat hidup anak jalanan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, program penjangkauan anak jalanan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 05 Jul 2022 01:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12638

Actions (login required)

View Item View Item