Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Fertilisasi Manusia untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar dan Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Prambanan

Zamani, Ahmad Zaqi (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Fertilisasi Manusia untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar dan Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Prambanan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-zaqi-zamani-11708251008.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi fertilisasi manusia yang sesuai dengan kaidah penelitian dan pengembangan, 2) mengetahui kualitas media pembelajaran hasil pengembangan ditinjau dari aspek materi dan aspek media, 3) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbantuan komputer berdasarkan tanggapan peserta didik, serta 4) menumbuhkan motivasi belajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi fertilisasi manusia Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D), dengan tahapan sebagai berikut: studi pendahuluan, desain produk, produksi dan validasi, uji coba, revisi, dan produk akhir. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan tiga pendidik biologi. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas XI SMA N 1 Prambanan, dengan rincian l0 peserta didik untuk uji coba terbatas, dan 22 peserta didik untuk uji lapangan. Instrumen pengumpulan data adalah angket penilaian untuk ahli materi, ahli media, dan pendidik biologi, lembar angket tanggapan peserta didik dan motivasi belajar, dan lembar soal pretest dan posttest. Data yang diperoleh dari lembar angket dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berbantuan komputer dikembangkan melalui studi pendahuluan, desain produk, produksi dan validasi, uji coba dan revisi, dan produk akhir; 2) kualitas media pembelajaran ditinjau dari aspek materi dinilai “sangat baik” dan ditinjau dari aspek media juga dinilai “sangat baik“, 3) tanggapan peserta didik yaitu setuju media yang dihasilkan digunakan dalam pembelajaran, 4) terjadi pertumbuhan motivasi belajar dan hasil belajar yaitu dengan peningkatan motivasi belajar setelah peserta didik menggunakan media pembelajaran dengan nilai gain score sebesar 0,38 pada kriteria sedang. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rerata nilai pretest 4,88 sedangkan rerata nilai posttest 7,71 dan mempunyai nilai gain score sebesar 0,55 pada kriteria sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbantuan komputer hasil pengembangan layak untuk menumbuhkan motivasi belajar dan meningkatkat hasil belajar peserta didik kelas XI SMA N 1 Prambanan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, fertilisasi manusia, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 09 May 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12637

Actions (login required)

View Item View Item