Pengembangan Subject Specific Pedagogy IPA Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP

Firdaus, Ahmad (2014) Pengembangan Subject Specific Pedagogy IPA Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-firdaus-12708259020.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan SSP IPA berbasis PBL yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran di SMP kelas VII,(2) Mengetahui keefektifan SSP IPA berbasis PBL untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP, dan (3) Mengetahui keefektifan SSP IPA berbasis PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (research and development, R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang meliputi 8 tahap yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, dilakukan analisis kurikulum, (3) pengembangan produk awal berupa draf SSP, (4) uji coba kelompok kecil,(5) revisi produk berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk berdasarkan hasil uji coba lapangan, dan (8) diseminasi hasil penelitian. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada bentuk pretest-posttest control group design. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kretek Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, kuesioner, dan test. Instrumen pengumpulan data adalah lembar penilaian SSP, lembar respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan SSP, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket motivasi belajar siswa, dan soal tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji Manova dengan taraf signifikansi () 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SSP IPA berbasis PBL layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis berdasarkan penilaian silabus, RPP, Bahan Ajar, LKPD dan Lembar Penilaian peserta didik, (2) SSP IPA yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada aspek tekun menghadapi tugas IPA; ulet menghadapi kesulitan; menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah IPA; bekerja sendiri (mandiri); serta senang mencari dan memecahkan masalah IPA; dan (3) SSP yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang meliputi aspek merumuskan masalah; mengungkapkan fakta dalam menyelesaikan masalah; memilih argumen yang logis; relevan dan akurat; mendeteksi bias berdasarkan sudut pandang yang berbeda; menentukan akibat dari suatu pernyataan yang diambil sebagai suatu keputusan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP, PBL, Motivasi Belajar, dan Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12636

Actions (login required)

View Item View Item