Evaluasi Uji Kompetensi Siswa Keahlian Multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta

Irwanti, Youwanita Dwi (2014) Evaluasi Uji Kompetensi Siswa Keahlian Multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yowanita-dwi-irwanti-12702251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi uji kompetensi siswa keahlian multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta. Evaluasi uji kompetensi siswa ditinjau dari: (1) aspek context; (2) aspek input; (3)aspek process; dan (4) aspek product (5) aspek CIPP secara akumulatif. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Penelitian ini dilaksanakan pada 8 (delapan) SMK di kota Yogyakarta yang memiliki kompetensi keahlian multimedia dan telah melaksanakan uji kompetensi siswa keahlian multimedia. Populasi dalam penelitian ini adalah asesor, yang terdiri dari guru produktif multimedia dan DU/DI asesor pelaksana uji kompetensi keahlian multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta yang berjumlah 44 orang. Sampel penelitian dengan menggunakan sampel jenuh atau sampel total. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Uji validitas dengan validitas isi yaitu expert judgement dan validitas konstruk dengan rumus korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) uji kompetensi siswa keahlian multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta ditinjau dari aspek context termasuk dalam kategori sangat sesuai (84,7%), yaitu relevan dengan kebijakan dan tujuan uji kompetensi, tuntutan pengembangan diri (harapan masyarakat) dan peluang tamatan multimedia di dunia usaha dan industri, serta perkembangan IPTEK; (2) uji kompetensi siswa keahlian multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta ditinjau dari aspek input termasuk dalam kategori sangat sesuai (87,61%), yaitu memenuhi kriteria asesor, ketersediaan perangkat uji kompetensi, kelayakan tempat uji kompetensi, dan kelengkapan sarana prasarana uji kompetensi; (3) uji kompetensi siswa keahlian multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta ditinjau dari aspek process termasuk dalam kategori sangat baik (89,94%), yaitu dari segi waktu, prosedur pelaksanaan, pengawasan dan sistem penilaian dalam uji kompetensi; (4) uji kompetensi siswa keahlian multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta ditinjau dari aspek product termasuk dalam kategori sangat baik (82,78%), yaitu ketercapaian dari segi hasil uji kompetensi siswa (nilai), produk uji kompetensi dan sertifikat kompetensi; (5) uji kompetensi siswa keahlian multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta ditinjau dari aspek CIPP secara akumulatif termasuk dalam kategori sangat baik (86,62%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi , CIPP, uji kompetensi, multimedia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 14 Sep 2022 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12631

Actions (login required)

View Item View Item