Implementasi E-Learning Program Keahlian Teknologi Komputer dan Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan Daerah Istimewa Yogyakarta Pasca Pembubaran RSBI

Tandirerung, Veronika Asri (2014) Implementasi E-Learning Program Keahlian Teknologi Komputer dan Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan Daerah Istimewa Yogyakarta Pasca Pembubaran RSBI. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-veronika-asri-tandirerung-12702251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran dengan menggunakan model E-learning Program Keahlian Teknologi Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pasca pembubaran RSBI. Penelitian ini mencakup: (1) daya dukung e-learning, (2) kebermanfaatan e-learning, (3) implementasi e-learning, (4) sumbangan daya dukung dan kebermanfaatan e-learning terhadap implementasi e-learning. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan pada lima SMK eks RSBI di DIY yang memiliki Program Keahlian TKJ. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, yang terdiri dari guru produktif program keahlian TKJ dan siswa kelas XII. Sampel penelitian untuk guru dilakukan dengan menggunakan incidental technique, sedangkan untuk sampel siswa dilakukan dengan mengacu pada Tabel Krejcie. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan wawancara. Uji validitas dengan validitas isi yaitu expert judgement dan validitas konstruk dengan rumus korelasi Product Moment. Uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) menurut guru dan siswa daya dukung e-learning di SMK program keahlian TKJ di SMK DIY pasca pembubaran RSBI adalah meningkat; (2) dalam hal kebermanfaatan e-learning sangat bermanfaat menurut guru dan bermanfaat menurut siswa; (3) dalam hal implementasi, e-learning menurut guru berada pada kategori meningkat sedangkan menurut siswa adalah tetap; (4) ada sumbangan daya dukung e-learning dan kebermanfaatan e-learning secara bersama-sama terhadap implementasi e-learning.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning, implementasi, pasca pembubaran RSBI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Komputer
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 15 Sep 2022 06:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12628

Actions (login required)

View Item View Item