Sunarmi, Tri (2014) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Patiseri untuk Siswa Tingkat XI SMK. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-tri-sunarmi-11702259045.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan multimedia pembelajaran patiseri pada standar kompetensi mengolah kue pastry kontinental untuk siswa tingkat XI SMK yang layak dari aspek pembelajaran, materi, dan media; 2) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran patiseri yang dikembangan terhadap penguasaan kompetensi belajar mengolah kue pastry kontinental dilihat dari peningkatan skor tes hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan melalui lima tahap utama pengembangan yaitu: (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan pengembangan desain pembelajaran; (3) pengembangan produk; (4) evaluasi produk dan (5) produk akhir. Subiek penelitian ini adalah 36 siswa tingkat XI program keahlian patiseri SMK Negeri 4 Surakarta, terdiri dari sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 27 siswa untuk uji coba lapangan. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sebelum produk diujicobakan kepada siswa. Evaluasi oleh ahli materi meliputi kualitas produk multimedia dari aspek pembelajaran dan aspek isi. Sedangkan validasi oleh ahli media meliputi aspek tampilan, aspek penyajian, dan aspek pemrograman. Evaluasi pada uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan meliputi aspek isi pembelajaran, aspek penyajian, dan aspek media. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi produk dari ahli materi menunjukkan bahwa kualitas multimedia “baik” dengan rerata skor 4,11 dan evaluasi dari ahli media juga “baik” dengan rerata skor 3,84. Penilaian siswa pada uji coba lapangan mengenai kualitas multimedia dari aspek pembelajaran adalah “sangat baik“, dengan rerata skor 4,47, aspek materi dinilai “ sangat baik “ dengan rerata skor 4,50, dan aspek media juga dinilai “sangat baik“, dengan rerata skor 4,52. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas multimedia pembelajaran patiseri yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik“, dengan rerata skor dari ketiga aspek 4,49 dan dinyatakan layak digunakan untuk media pembelajaran. Hasil belajar siswa pada saat pretes menunjukkan rerata sebesar 63,15 sedangkan pada posttes rerata sebesar 89,07. Berdasarkan skor tersebut diperoleh n-gain sebesar 0,72 termasuk kategori “tinggi”, sehingga multimedia pembelajaran patiseri hasil pengembangan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia pembelajaran patiseri |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 02:48 |
Last Modified: | 01 Sep 2022 02:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12627 |
Actions (login required)
View Item |