Pengaruh Student Company terhadap Kompetensi Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta

Sulasmi, Sulasmi (2014) Pengaruh Student Company terhadap Kompetensi Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sulasmi-12702251039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program student company terhadap kompetensi berwirausaha siswa. Namun, penelitian ini terlebih dahulu mendeskripsikan pelaksanaan program student company dan kompetensi berwirausaha siswa SMK yang telah mengikuti program SC di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ekspostfacto. Penelitian dilaksanakan di 5 SMK yang menerapkan student company yaitu SMKN 1 Depok, SMKN 2 Depok, SMKN 1 Godean, SMKN 7 Yogyakarta dan SMKN 1 Seyegan, Sleman. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa yang terlibat dalam pengelolaan dan pelaksanaan student company. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan regresi linear ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Student company efektif untuk meningkatkan kompetensi berwirausaha siswa SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ditemukan bahwa aspek perencanaan mempunyai efektivitas dalam kategori sangat baik sebesar 42,11%, aspek pelaksanaan dalam kategori baik sebesar 35,79%, dan aspek pengendalian dalam kategori baik sebesar 48,42%. (2) Kompetensi wirausaha siswa yang mengikuti SC dalam kategori baik sebesar 56,84%. (3) Aspek perencanaan (business plan) berpengaruh signifikan terhadap kompetensi wirausaha siswa dengan t=2,954 dan Sig.=0,004. (4) Aspek pelaksanaan (business activity) berpengaruh signifikan terhadap kompetensi wirausaha siswa denga t=3,627 dan Sig.=0,000. (5) Aspek pengendalian (controlling) tidak berpengaruh terhadap kompetensi wirausaha siswa dengan t = 0,573 dan Sig. = 0,568. (6) Aspek perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian SC secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kompetensi wirausaha siswa SMK di DIY dengan nilai F sebesar 8,755 dengan Sig=0,00.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kewirausahaan, student company, kompetensi kewirausahaan siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 31 Aug 2022 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12625

Actions (login required)

View Item View Item