Peranan Laboratorium Biologi terhadap Peningkatan Psikomotorik Siswa rnenggunakan alat-alat Praktikum Biologi kelas XI (IPA) di MAN Yogyakarta 1

widayati, Sri (2014) Peranan Laboratorium Biologi terhadap Peningkatan Psikomotorik Siswa rnenggunakan alat-alat Praktikum Biologi kelas XI (IPA) di MAN Yogyakarta 1. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri widayati-05702254024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) peranan laboratorium biologi didalam meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa; (2). kemampuan psikomotorik siswa didalam menggunakan peralatan laboratorium; dan (3) pengaruh keterampilan psikomotorik siswa didalam observasi fase-fase reproduksi pada mencit / tikus melalui apusan ulas vagina. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, untuk mengukur kemampuan siswa didalam penggunaan alat-alat praktikum Biologi. Penelitian ini dilakukan di MAN Yogyakarta I. Subyek penelitian meliputi para siswa kelas XI IPA di MAN Yogyakarta I sebanyak 33 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yaitu pre test dan post test serta angket-angket ketrampilan psikomotorik siswa di dalam menggunakan alat-alat laboratorium IPA. Data kuantitatif diolah secara deskriptif menggunakan bantuan SPSS 12,00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre test 5,62 lebih rendah dari nilai rata-rata post test 8,04 dan nilai minimal pada pre test 4,00 sedangkan nilai maksirnal pada pre test 6,50, tetapi setelah melakukan kegiatan praktikmn pada nilai terendah (minimum) post test 7,50 dan nilai tertinggi post test 9,00, artinya kesiapan siswa dalarn kegiatan praktikurn sebelum praktikum masih kurang (lemah) tetapi setelah kegiatan melakukan praktikum (sudah mendapat pengalaman pengetahuan) kesiapan siswa meningkat/tinggi. Nilai ketrampilan psikomotorik siswa dalam pemakaian alat nilai minimum 80,67 (baik) dan nilai maximum 88,33 (sangat baik), nilai rata-rata 85,43 (sangat baik) dengan standart deviasi 1,98. Nilai ketrampilan psikomotorik siswa didalam pengambilan obyek penelitian nilai minimum 60,00 dan nilai maximum 88,67 dengan nilai rata-rata 84,56, standart deviasi 5,27. Ketrampilan psikomotorik siswa didalam pemakaian bahan kimia nilai minimum 78,50 (baik) dan nilai maximum 90,00 (sangat baik) dan standart deviasi 3,37. Ketrampilan psikomotorik siswa didalam memunculkan gejala nilai minimum 81,67 (baik), nilai maximum 87,50 (sangat baik) nilai rata-rata 85,61 (sangat baik), standart deviasi 1,49. Ketrampilan psikomotorik siswa didalam memelihara alat nilai minimum 86,50 (sangat baik), nilai maximum 92,50 (sangat baik), nilai rata-rata 89,47. Hasil observasi obyek penelitian nilai minimum 76,00 (baik) dan nilai maximum 92,00 (sangat baik), nilai rata-rata 86,82 (sangat baik) dengan standart deviasi 4,54. Nilai hasil observasi/pengamatan obyek nilai minimal terendah 76,00, nilai maximal tertinggi 82,00 dan rata-rata 86,82 sedangkan simpangan baku 4,54.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Peranan laboratorium biologi,keterampilan psikomotorik siswa,fase reproduksi pada tikus/mencit melalui apusan ulas vagina.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 02 Sep 2022 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12624

Actions (login required)

View Item View Item