Pujiono, Slamet (2014) Kontribusi Manajemen Operasi Laboratorium Komputer, Pemanfaatan Internet Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan RPL di SMK Se-Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-slamet pujiyono-11702259022.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kontribusi manajemen operasi laboratorium, (2) pemanfaatan internet, dan (3) motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa SMK pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak se-kabupaten Bantul yang berjumlah 275 siswa. Sampel penelitian sebanyak 163 responden yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Angket digunakan untuk menggali data. Uji koefisien Alpha Cronbach digunakan untuk uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Uji persyaratan analisis meliputi normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik regresi linier ganda pada taraf signifikansi 5%. Aplikasi yang digunakan adalah SPSS, Microsoft Office dan Anates. Hasil penelitian yang diperoleh dari sekolah-sekolah yang diteliti sebagai berikut: (1) Skor manajemen operasi laboratorium komputer pada tingkat sangat baik sebesar 60%, kategori cukup sebesar 36%, kategori buruk sebesar 3% dan kategori sangat buruk sebesar 1%. (2) Skor pemanfaatan internet dikategorikan cukup sebesar 1%, kategori buruk sebesar 56% dan kategori sangat buruk sebesar 43%. (3) Skor motivasi berprestasi memperoleh kategori baik sebesar 56%, kategori cukup sebesar 39% dan kategori buruk sebesar 6%. (4) Skor variabel hasil belajar diperoleh sebanyak 63% siswa dinyatakan tuntas dengan kategori baik sebanyak 11% dan kategori cukup sebesar 52%, sedangkan sebanyak 37% dinyatakan tidak tuntas dengan kategori buruk sebanyak 34% dan kategori sangat buruk sebanyak 2%. Pengujian hipotesis menghasilkan data berikut: (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara manajemen operasi laboratorium komputer dengan hasil belajar siswa (rx1y = 0,364; p < 0,05), (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara pemanfaatan internet dengan hasil belajar siswa (rx2y = 0,337; p < 0,05), (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa (rx3y = 0,222; p < 0,05), (4) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara manajemen operasi laboratorium komputer, pemanfaatan internet dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar (rx1rx2rx3y = 0,493; p < 0,05). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa manajemen operasi laboratorium komputer, pemanfaatan internet dan motivasi berprestasi secara bersama-sama mampu memberikan kontribusi sebesar 49,3% terhadap hasil belajar siswa SMK jurusan RPL se-kabupaten Bantul.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen operasi laboratorium komputer, pemanfaatan internet, motivasi berprestasi, hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 02:47 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 06:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12623 |
Actions (login required)
View Item |