Pengaruh Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar, Sarana Praktikdan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Patiseri SMK Se-Gerbangkertasusila Tahun Pelajaran 2012/2013

Aini, Siti Nurul (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar, Sarana Praktikdan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Patiseri SMK Se-Gerbangkertasusila Tahun Pelajaran 2012/2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-nurul-aini-11702259038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran, gaya belajar peserta didik, sarana praktik, dan media pembelajaran terhadap hasil belajar Patiseri di SMK Se- Gerbangkertasusila. Penelitian ini adalah penelitian expostfacto yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran, gaya belajar peserta didik, sarana praktik, dan media pembelajaran terhadap hasil belajar Patiseri di SMK Se- Gerbangkertasusila.. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Se-Gerbangkertasusila yang mempunyai program studi patiseri. Sampel penelitian ini sebanyak 337 siswa. Pengumpulan data melalui angket. Analisa data yang digunakan adalah analisi regresi dan korelasi dengan taraf kesalahan 0,05. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Sebanyak 51,04% siswa berpendapat bahwa strategi pembelajaran di SMK Se-Gerbangkertasusila berkategori sedang; 65,58% siswa memiliki gaya belajar berkategori sedang; 53,71% siswa berpendapat bahwa sarana praktik berkategori sedang, 47,18% siswa berpendapat bahwa media pembelajaran berkategori sedang; dan 62,31% siswa memiliki nilai di rapor berkategori sangat tinggi. 2)Ada pengaruh positif dan signifikan antara strategi pembelajaran terhadap hasil belajar mereka (rx1y = 0,735; p< 0,005); ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar(rx2y = 0,567; p< 0,005); terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sarana praktik terhadap hasil belajar rx3y = 0,222; p< 0,005); terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap hasil belajar (rx4y = 0,735; p< 0,005); terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara strategi pembelajaran, gaya belajar, sarana praktik, dan media pembelajaran terhadap hasil belajar (rx1,x2,x3,x4,y = 0,749; p< 0,005).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, gaya belajar, sarana praktik, media pembelajaran, patiseri
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 13 Sep 2022 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12622

Actions (login required)

View Item View Item