Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Generik Komuniasi Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan SMKN 4 Surakarta, Program Keahlian Tata Busana

Zahroh, Siti Mazizatuz (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Generik Komuniasi Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan SMKN 4 Surakarta, Program Keahlian Tata Busana. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-mazizatuz-zahroh-12702251045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran yang dibutuhkan dan penting untuk dikembangkan oleh SMKN 4 Surakarta; (2) menghasilkan desain perangkat pembelajaran yang dapat mengajarkan dan melatih keterampilan generik komunikasi; (3) mengembangkan perangkat pembelajaran keterampilan generik komunikasi dengan menggunakan metode 4D; (4) mengetahui dan menguji validasi dan reliabilitas perangkat pembelajaran; (5) mengetahui dan menguji kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran keterampilan generik komunikasi pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan siswa kelas X Program Studi Keahlian Tata Busana di SMK Negeri 4 Surakarta, dengan kriteria kualitas produk mengacu pada kriteria Nieveen. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang menggunakan model pengembangan perangkat yang diadaptasi dari model 4D. Tahapan pengembangan terdiri dari empat fase yaitu define, design, develop, dan disseminate. Tahap define mencakup kegiatan studi pustaka dan survey lapangan untuk keperluan identifikasi masalah dan need analysis. Tahap design mencakup kegiatan perancangan produk awal. Tahap develop mencakup kegiatan validasi pakar, revisi produk, ujicoba satu-satu dan kelompok kecil. Tahap disseminate mencakup kegiatan sosialisasi lapangan dan revisi produk akhir. Subyek coba melibatkan siswa kelas X SMKN 4 Surakarta Program Keahlian Tata Busana yang berjumlah 41 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan: (1) perangkat pembelajaran yang dibutuhkan dan penting untuk dikembangkan oleh SMKN 4 Surakarta yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, hand out, power point, buku panduan, dan perangkat evaluasi; (2) desain perangkat pembelajaran yang mampu mengajarkan dan melatih keterampilan generik komunikasi siswa kelas X SMKN 4 Surakarta; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan metode 4D; (4) perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria validitas yaitu sangat valid (mencapai angka 3,74) dan reliabel (mencapai angka ≥ 0,7) untuk digunakan di SMK; (5) perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria praktis (88,18%) dan efektif untuk digunakan di SMK. Tingkat keefektifan perangkat tergambar dari: (a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 100%; (b) aktivitas siswa dalam kategori sangat baik; (c) respon siswa dan guru yang positif (masing-masing 3,36 dan 3,06); dan (d) secara obyektif guru dan validator menyatakan perangkat pembelajaran sesuai dengan need analysis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran keterampilan generik komunikasi, prakarya dan kewirausahaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 02 Sep 2022 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12621

Actions (login required)

View Item View Item