Kontribusi Mata Kuliah Kependidikan terhadap Kompetensi Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Makassar

Tandi, Silvether (2014) Kontribusi Mata Kuliah Kependidikan terhadap Kompetensi Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Makassar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-silvether tandi-12702251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi: (1) Prestasi mahasiswa pada mata kuliah Rancangan Pendidikan dan pembelajaran, (2) Prestasi mahasiswa pada mata kuliah Profesi Keguruan, (3) Prestasi mahasiswa pada mata kuliah Interaksi Pembelajaran, dan (4) Prestasi mahasiswa pada mata kuliah Rancangan Pendidikan dan Pembelajaran, Profesi Keguruan, dan Interaksi Pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa PPL Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Negeri Makassar. Jenis Penelitian adalah penelitian expost facto yang menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kota Pare-pare, Kabupaten Sidrap, dan Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri makassar yang sedang melaksanakan PPL dan 32 dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah kompetensi mahasiswa PPL, sedangkan variabel bebas (X) adalah prestasi mahasiswa pada mata kuliah Rancangan Pendidikan dan pembelajaran (X1), prestasi mahasiswa pada mata kuliah Profesi Keguruan (X2), dan prestasi mahasiswa pada mata kuliah Interaksi Pembelajaran (X3). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prestasi mahasiswa pada mata kuliah Rancangan Pendidikan dan pembelajaran berkontribusi positif terhadap kompetensi mahasiswa sebesar 9,950 %; (2) prestasi mahasiswa pada mata kuliah Profesi Keguruan berkontribusi positif terhadap kompetensi mahasiswa sebesar 14,025 %; (3) prestasi mahasiswa pada mata kuliah Interaksi Pembelajaran berkontribusi positif terhadap kompetensi mahasiswa sebesar 18,725 %; (4) prestasi mahasiswa pada mata kuliah Rancangan Pendidikan dan Pembelajaran, Profesi Keguruan, dan Interaksi Pembelajaran secara bersama-sama berkontribusi positif terhadap kompetensi mahasiswa sebesar 42,7 %.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi mahasiswa PPL, Rancangan Pendidikan dan pembelajaran, Profesi Keguruan, Interaksi Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 01 Sep 2022 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12620

Actions (login required)

View Item View Item