Peningkatan Motivasi, Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Menerapkan Dasar Sinyal Audio SMKN 1 Saptosari

Utami, Santi (2014) Peningkatan Motivasi, Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran Menerapkan Dasar Sinyal Audio SMKN 1 Saptosari. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-santi-utami-11702259014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar, kemandirian dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di SMKN 1 Saptosari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian di SMKN 1 Saptosari dengan subyek penelitian siswa kelas X Teknik Audio Video A. Penelitian melibatkan seorang kolaborator yang berasal dari teman sejawat. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, lembar observasi kelas dan lembar ceklist. Data penelitian yang menunjukkan adanya perubahan dari tindakan yang diberikan diperoleh dari kolaborator. Data yang diperoleh dianalisa dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan motivasi siswa sebanyak 76.6% dari populasi yang diteliti, (2) pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan kemandirian siswa sebanyak 69% dari populasi yang diteliti, dan (3) pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa hingga memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi, kemandirian, hasil belajar, pembelajaran kooperatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 01 Sep 2022 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12617

Actions (login required)

View Item View Item