Efektifitas Pembelajaran Problem Solving terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Al-Madani dan SMK Negeri 7 Pontianak.

Permana, Ryan (2014) Efektifitas Pembelajaran Problem Solving terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Al-Madani dan SMK Negeri 7 Pontianak. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-ryan-permana.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan pembelajaran problem solving di SMK Al-Madani dapat berjalan secara efektif, dan (2) peningkatan prestasi dalam menerapkan pembelajaran klasikal dan pembelajaraan problem solving. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian quasi experiment. Desain dalam penelitian ini menggunakan prestes-posttest control group design dengan kelompok non ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 122 yaitu dua kelas dari Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Al-Madani serta dua kelas dari Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 7 Pontianak. Kelompok eksperimen diberikan treatment pembelajaran problem solving, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran sesuai dengan proses belajar mengajar disekolah, seperti: ceramah, diskusi, atau tanya jawab khususnya pada mata pelajaran Instalasi Software. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, kuisioner, dan tes. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi proses pembelajaran dalam kondisi atau fakta alami yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Observasi dilakukan pada peserta didik saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Kuisioner dilakukan untuk memperoleh besarnya nilai dari veriabel pembelajaran problem solving dan pembelajaran klasikal serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar peserta didik. Sedangkan tes merupakan soal ujian berupa pilihan ganda yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum treatment dengan (pretest), dan setelah treatment (posttest). Data pretest dan posttest dianalisi secara deskriptif dan gain skor untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik antara kedua kelompok yang diperoleh dari selisih skor prestasi belajar peserta didik sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Hasil analsis menunjukkan pembelajaran problem solving memiliki peningkatan terhadap prestasi pada kelompok eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari observasi peneliti dan rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik dalam mata pelajaran Instalasi Sofware. Dengan memberikan pretest untuk mengetahui nilai awal yang dimiliki setiap peserta didik dan kemudian diterapkan pembelajaran problem solving. Setelah penerapan pembelajaran problem solving dilakukan maka peserta didik dites kembali dengan posttest untuk mengetahui perubahan nilai setelah diberikan treatment. Hasil analisis prestasi kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan gain skor prestasi pada kelompok ekperimen diperoleh sebesar 8,3 dengan standar deviasi 10,8 dan standar error rata-rata sebesar 1,4. Sedangkan gain skor prestasi pada kelompok kontrol diperoleh sebesar 6,7 dengan standar deviasi 8,8 dan standar error rata-rata sebesar 1,1. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi antara kelompok ekperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem solving, quasi experiment, mean, gain skor
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12616

Actions (login required)

View Item View Item