Sholikhah, Roudlotus (2014) Evaluasi Program Talent ScoutingGuru SMK Tahun 2013 Direktorat P2TK Dikmen Kemdikbud: (Studi Kasus di Universitas Negeri Semarang). S2 thesis, UNY.
Text
tesis-roudlotus-sholikhah-12702251025.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) relevansi pelaksanaan Program Talent Scouting Guru SMK tahun 2013 ditinjau dari aspek konteks, (2) kesesuaian aspek input pelaksanaan Program Talent Scouting Guru SMK tahun 2013, (3) efektifitas aspek proses pelaksanaan Program Talent Scouting Guru SMK tahun 2013, dan (4) pencapaian hasil aspek produk pelaksanaan Program Talent Scouting Guru SMK tahun 2013. Jenis penilitian ini adalah evaluasi program dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Populasi penelitian ini adalah peserta program, SMK sasaran program, dan pelaksana Program Talent Scouting Guru SMK seluruh Indonesia. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta program, SMK sasaran program, dan pelaksana Program Talent Scouting Guru SMK dibawah perguruan tinggi pelaksana Universitas Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan analisis deskriptif untuk menilai pelaksanaan program. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ditinjau dari aspek konteks yaitu pencapaian relevansi program termasuk dalam kategori “sangat relevan”dengan nilai rata-rata skor 4,25 dan persentase pencapaian 85%, (2) ditinjau dari aspek input, kesesuaian input SMK sasaran program termasuk dalam kategori “sesuai” dengan nilai rata-rata skor 3,95 dan persentase pencapaian 79,22%; kesesuaian input peserta program termasuk dalam kategori “sesuai” dengan nilai rata-rata skor 3,95 dan persentase pencapaian 79,11%; dan kesesuaian input penyelenggara program juga termasuk dalam kategori “sesuai”dengan nilai rata-rata skor 3,54 dan persentase pencapaian 70,8%, (3) ditinjau dari aspek proses, keefektifan proses sosialisasi, seleksi dan pembekalan termasuk dalam kategori “efektif”dengan nilai rata-rata skor 3,32 dan persentase pencapaian 66,42%; keefektifan proses pelaksanaan termasuk dalam kategori “sangat efektif”dengan nilai rata-rata skor 4,09 dan persentase pencapaian 81,81%; serta keefektifan proses monitoring dan pelaporan termasuk dalam kategori “efektif”dengan nilai rata-rata skor 3,67 dan persentase pencapaian 75,33%, dan (4) ditinjau dari aspek produk, pencapaian produk teaching termasuk dalam kategori “sangat tercapai”dengan nilai rata-rata skor 4,28 dan persentase pencapaian 85,66%; dan pencapaian produk non teaching termasuk dalam kategori “sangat tercapai”dengan nilai rata-rata skor 4,16 dan persentase pencapaian 83,05%.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Talent Scouting Guru SMK, Evaluasi, CIPP |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 02:48 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 03:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12615 |
Actions (login required)
View Item |