Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Head Together Terhadap Prestasi Belajar dan Kepuasan Pembelajaran Kelistrikan Otomotif di SMK Ma’arif 1 Nanggulan, Kulon Progo

Purnawan, Purnawan (2014) Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Head Together Terhadap Prestasi Belajar dan Kepuasan Pembelajaran Kelistrikan Otomotif di SMK Ma’arif 1 Nanggulan, Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-purnawan-11702251021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap prestasi belajar dan kepuasan pembelajaran kelistrikan otomotif siswa, dan (2) membandingkan keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe NHT terhadap prestasi belajar dan kepuasan pembelajaran kelistrikan otomotif siswa SMK. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest with nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 SMK Ma’arif 1 Nanggulan, Kulon Progo. Sampel dipilih sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT, dan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuisioner. Tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Kuisioner digunakan untuk mengetahui kepuasan belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan uji one-sample t test, dengan menggunakan uji T2 Hotelling untuk menyelidiki perbedaan prestasi belajar dan kepuasan pembelajaran siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hasil penelitian menunjukan: (1) metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan NHT efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kepuasan pembelajaran siswa SMK, dan (2) metode pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibanding metode pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap prestasi belajar dan kepuasan pembelajaran kelistrikan otomotif siswa SMK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran kooperative tipe TGT, metode pembelajaran kooperatif tipe NHT, prestasi belajar, kepuasan pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 14 Sep 2022 06:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12611

Actions (login required)

View Item View Item