Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Team Pada Matakuliah Logika Komputer Ditinjau dari Motivasi Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Pontianak

Nurbani, Nurbani (2014) Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Team Pada Matakuliah Logika Komputer Ditinjau dari Motivasi Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Pontianak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurbani-12702259011.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Logika Komputer antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran quiz team serta kelas yang menggunakan metode konvensional, (2) perbedaan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Logika Komputer antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran quiz team dengan kelas yang menggunakan metode konvensional ditinjau dari motivasi belajar, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research) yang dilakukan dengan memberikan perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran quiz team. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Nonequivalent Comparison-group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yang dipilih secara acak dari 6 kelas untuk dijadikan sebagai kontrol dan kelas eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran sebagai variabel bebas, hasil belajar sebagai variabel terikat dan motivasi sebagai variabel moderator. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis Anava Dua Jalur dengan program SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Logika Komputer di kelas yang menggunakan metode pembelajaran quiz team serta kelas yang menggunakan metode konvensional (F ratio (14,788) > F tabel (3,99)), (2) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa terhadap matakuliah Logika Komputer di kelas yang menggunakan metode pembelajaran quiz team serta kelas yang menggunakan metode konvensional ditinjau dari motivasi belajar (kelompok motivasi tinggi harga p value = (0,042 < 0,05) kelompok motivasi rendah harga p value = 0,032 < 0,05)) , dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar (F ratio (0,450) < F tabel (3,99)).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, metode pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12610

Actions (login required)

View Item View Item