Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan

Nopriyanti, Nopriyanti (2014) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nopriyanti-12702251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan; (2) mengetahui kualitas multimedia pembelajaran interaktif; dan (3) mengetahui efektifitas multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan pada kelas XI SMK bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan adaptasi dari Lee & Owens meliputi 5 tahapan yaitu: (1) analisis; (2) desain produk; (3) pengembangan produk; (4) implementasi; dan (5) evaluasi produk. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 2 Depok bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 3 siswa uji coba individu, 9 siswa uji coba terbatas dan 20 siswa uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket penilaian produk multimedia yang menyangkut aspek tampilan, pemograman, pembelajaran dan isi/materi, serta dengan menggunakan lembar tes hasil belajar untuk mengetahui efeltivitas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif ini. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) produk yang dihasilkan berupa software multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan materi sistem penerangan luar layak digunakan untuk kelas XI SMK bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan; (2) Kualitas produk multimedia pembelajaran interaktif ini sangat baik. Hasil penilaian ahli media dan ahli materi tentang kelayakan multimedia pembelajaran interatif ini ditinjau dari aspek tampilan sebesar 97 kriteria baik, aspek program 50 kriteria baik, aspek pembelajaran sebesar 66 kriteria baik, dan aspek materi sebesar 54 kriteria baik. Sedangkan hasil penialaian peserta didik uji lapangan pada aspek pembelajaran sebesar 1277 kriteria sangat baik, pada aspek isi sebesar 1195 kriteria sangat baik, pada aspek tampilan sebesar 1562 kriteria sangat baik, dan pada aspek pemograman sebesar 519 kriteria sangat baik. (3) Produk multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini dtunjukan dari hasil analisis pretest dan posttest. Rata-rata penilaian hasil belajar siswa ketika pretest adalah 63,75 dengan nilai terendah sebesar 50 dan nilai tertinggi sebesar 75. Sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 78,75 dengan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 90.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, multimedia pembelajaran interaktif, sistem penerangan dan wiring kelistrikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 14 Sep 2022 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12609

Actions (login required)

View Item View Item