Peningkatan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di SMP Negeri 3 Banguntapan, Bantul

Purwantini, Ninik (2014) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di SMP Negeri 3 Banguntapan, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ninik purwantini-08702251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Guru mata pelajaran keterampilan dituntut untuk mampu melakukan inovasi strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan sikap positif, motivasi, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran Keterampilan di SMP Negeri 3 Banguntapan, Bantul menggunakan pendekatan cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD). Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) sikap positif siswa terhadap pembelajaran keterampilan; (2) motivasi belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan; dan (3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran keterampilan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap 32 siswa (satu kelas) pada pembelajaran Keterampilan di SMP Negeri 3 Banguntapan, Bantul. Pendekatan cooperative learning tipe STAD diterapkan dalam pembelajaran keterampilan untuk meningkatkan proses dan hasil dari pembelajaran tersebut. Tindakan diberikan dalam dua siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan proses dan hasil, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Sikap positif siswa terhadap pembelajaran keterampilan meningkat setelah diterapkan pendekatan cooperative learning tipe STAD, ditunjukkan hasil pengamatan pada siklus I dan siklus II meningkat 0,68. (2) Motivasi siswa dalam memengikuti pembelajaran keterampilan meningkat dari siklus I ke siklus II setelah diterapkannya pendekatan cooperative learning tipe STAD sebesar 0,74. (3) Hasil belajar keterampilan siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya pendekatan cooperative learning tipe STAD, ditunjukkan kompetensi keterampilan pada siklus I sebesar 66,6 sedangkan pada siklus II sebesar 83,4, sehingga mengalami peningkatan 16,9. Sedangkan untuk unjuk kerja keterampilan siswa, pada siklus I sebesar 75,8 dan pada siklus II sebesar 84,1, sehingga meningkat sebesar 8,3. Sesuai dengan hasil tersebut, maka guru dapat mempertimbangkan pendekatan cooperative learning tipe STAD sebagai pendekatan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran keterampilan, cooperative learning tipe STAD
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 14 Sep 2022 06:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12607

Actions (login required)

View Item View Item