Penerapan Metode Reflective Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Karakter Kerja Kompetensi Membuat Busana Wanita Di SMK N 3 Klaten

Rosyidah, Mutik (2014) Penerapan Metode Reflective Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Karakter Kerja Kompetensi Membuat Busana Wanita Di SMK N 3 Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mutik-rosyidah-11702259007.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (a) untuk meningkatkan prestasi belajar, (b) mengetahui berapa besar peningkatan prestasi belajar, (c) meningkatkan karakter kerja, dan (d) berapa besar peningkatan karakter kerja pada kompetensi membuat busana wanita siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas XII Tata Busana 2 melalui penerapan metode reflective learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 3 Klaten dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XII Tata Busana 2. Penelitian ini melibatkan satu orang kolaborator pada saat pembelajaran. Perubahan dari tindakan yang diberikan diperoleh dari hasil pengamatan kolaborator. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan tes unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (a) penerapan metode reflective learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam kompetensi membuat busana wanita, (b) peningkatan prestasi belajar siswa pada KD menjahit busana wanita sebesar 25,74%, KD menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan sebesar 65,69%, KD melakukan pengepresan sebesar 26,47%, (c) penerapan metode reflective learning dapat meningkatkan karakter kerja siswa dalam kompetensi membuat busana wanita, (d) peningkatan karakter kerja siswa sebesar 14,4%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: reflektive learning, prestasi belajar, karakter kerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 09 May 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12606

Actions (login required)

View Item View Item