Faktor-faktor Eksternal yang Memengaruhi Hasil Belajar Pemrograman Komputer Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer STKIP PGRI Pontianak

Arpan, Muhamad (2014) Faktor-faktor Eksternal yang Memengaruhi Hasil Belajar Pemrograman Komputer Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer STKIP PGRI Pontianak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhamad arpan-12702259004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran tentang dosen, mahasiswa, dan fasilitas laboratorium komputer di STKIP PGRI Pontianak; (2) pengaruh motivasi mengajar dosen terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa; (3) pengaruh kreativitas dosen terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa; (4) pengaruh kompetensi dosen terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa; (5) pengaruh fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa; (6) pengaruh motivasi mengajar dosen, kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Program Studi PTIK STKIP PGRI Pontianak yang berjumlah 293 orang. Penentuan ukuran sampel menggunakan tabel Issac & Michael. Dari tabel yang disediakan dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 142 orang. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi mengajar dosen, kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer termasuk dalam kategori baik; (2) motivasi mengajar dosen berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p = 0,000 dan r2 = 0,136; (3) kreativitas dosen berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p = 0,000 dan r2 = 0,343; (4) kompetensi dosen berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p = 0,000 dan r2 = 0,258; (5) fasilitas laboratorium komputer berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p = 0,000 dan r2 = 0,179; dan (6) motivasi mengajar dosen, kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p = 0,000 dan R2 = 0,564.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa, motivasi mengajar dosen, kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 13 Sep 2022 02:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12603

Actions (login required)

View Item View Item