Peranan Orang Tua, Lingkungan, dan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Kesiapan Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan).

Ratumbuysang, Monry Fraick Nicky Gillian (2014) Peranan Orang Tua, Lingkungan, dan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Kesiapan Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan). S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-monry-fraick.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peranan orang tua, lingkungan, dan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan, baik secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan yang berjumlah 162 orang mahasiswa. Sampel sejumlah 110 mahasiswa ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik yang digunakan adalah penelitian ex-post facto. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, untuk mengukur variabel pandangan orang tua, lingkungan, dan pembelajaran kewirausahaan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) peranan orang tua tidak memiliki pengaruh positif terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa, yang ditunjukkan oleh besarnya nilai p (sig) yaitu 0,339, di mana nilai p > 0,05; maka hipotesis pertama yang diajukan ditolak; 2) lingkungan memiliki pengaruh positif terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa, yang ditunjukkan oleh besarnya nilai p (sig) yaitu 0,000 , di mana nilai p < 0,05; maka hipotesis kedua yang diajukan diterima; 3) pembelajaran kewirausahaan memiliki pengaruh positif terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa, yang ditunjukkan oleh besarnya nilai p (sig) yaitu 0,000 , di mana nilai p < 0,05; maka hipotesis ketiga yang diajukan diterima; 4) pandangan orang tua, lingkungan, dan pembelajaran kewirausahaan secara bersama-sama memiliki peran positif terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa yang ditunjukkan oleh besarnya nilai p (sig) yaitu 0,000 , di mana nilai p < 0,05; maka hipotesis keempat yang diajukan diterima

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Peranan orang tua, lingkungan, pembelajaran kewirausahaan, dan kesiapan berwirausaha
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 09 May 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12602

Actions (login required)

View Item View Item