Pengembangan Modul Pembelajaran Mesin CNC GSK 983 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Teknik Pemesinan CNC Kelas 12 Program Studi Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta

Martono, Martono (2014) Pengembangan Modul Pembelajaran Mesin CNC GSK 983 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Teknik Pemesinan CNC Kelas 12 Program Studi Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-martono-11702259008.swf

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran teknik pemesinan CNC GSK 983 di SMK Negeri 2 Depok, (2) menghasilkan modul pembelajaran mesin yang memiliki karakteristik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (3) mengetahui keefektifan modul pembelajaran mesin CNC GSK 983 di SMK Negeri 2 Depok, Sleman. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan pada 32 responden yang terdiri dari siswa SMK N 2 Depok Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian yang digunakan ialah design and development reasearch menurut Richey and Klein. Prosedur penelitian tersebut meliputi tiga tahap 1) pengembangan terdiri dari observasi pembelajaran dan pengembangan produk, 2) validasi yang terdiri validasi internal dan eksternal, dan 3) uji keefektifan produk di lapangan kemudian data dianalisis dengan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran CNC yang diterapkan di SMK Negeri 2 Depok belum memberikan hasil sesuai dengan standar kompetensi pemesinanan CNC yang diharapkan; (2) telah dihasilkan modul pembelajaran teknik pemesinan CNC GSK 983 yang memiliki karakteristik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) modul pembelajaran yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji T menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menggunakan modul (kelompok eksperimen) dengan hasil belajar biasa tanpa modul (kelompok kontrol). Dengan demikian modul yang dikembangkan dapat meningkatkan keefektifan belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Kejuruan, CNC
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12601

Actions (login required)

View Item View Item