Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika SMP Negeri Kelas VII di Kabupaten Sleman

Abrory, Mizan (2014) Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika SMP Negeri Kelas VII di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mizan-abrory-12701251014.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kualitas perencanaan pembelajaran matematika SMP di Kabupaten Sleman dalam implementasi kurikulum 2013, (2) mengetahui kualitas pelaksanaan pembelajaran matematika dalam implementasi kurikulum 2013, dan (3) mengetahui kualitas pelaksanaan penilaian hasil belajar matematika dalam implementasi kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah model evaluasi kesenjangan (discrepancy model). Populasi penelitian ini adalah semua SMP Negeri yang direkomendasikan untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika di Kabupaten Sleman pada tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sumber informasi dalam penelitian ini adalah guru matematika, dan siswa SMP Negeri kelas VII. Sampel sumber informasi siswa dipilih dengan cara proportional random sampling adapun penarikan jumlah sampel siswa ini berdasarkan rumus Slovin, sedangkan sampel sumber informasi guru dipilih dengan cara sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dan lembar penilaian. Teknik kuesioner untuk siswa digunakan untuk mengetahui kualitas pelaksanaan pembelajaran dan kualitas penilaian pembelajaran. Sedangkan lembar penilaian digunakan untuk mengetahui kualitas perencanaan pembelajaran pada silabus dan RPP. Hasil evaluasi implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika SMP Negeri kelas VII di Kabupaten Sleman menunjukkan bahwa: (1) kualitas perencanaan pembelajaran matematika SMP Negeri kelas VII di Kabupaten Sleman dalam implementasi kurikulum 2013 termasuk ketegori baik karena kualitas silabus dan RPP termasuk kategori baik, (2) kualitas pelaksanaan pembelajaran matematika SMP Negeri kelas VII di Kabupaten Sleman dalam implementasi kurikulum 2013 termasuk ketegori kurang baik karena kualitas komponen pendahuluan, komponen inti, dan komponen penutup termasuk kategori kurang baik, (3) kualitas penilaian pembelajaran matematika SMP Negeri kelas VII di Kabupaten Sleman dalam implementasi kurikulum 2013 termasuk ketegori kurang baik karena kualitas kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan termasuk kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kurikulum 2013, pembelajaran matematika
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 12 May 2016 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12599

Actions (login required)

View Item View Item