Evaluasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri Kabupaten Klaten yang Mengimplementasikan Kurikulum 2013

Handayani, Lisa (2014) Evaluasi Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri Kabupaten Klaten yang Mengimplementasikan Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-12701251019-lisa-handayani.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) di SMPN Kabupaten Klaten yang Mengimplementasikan Kurikulum 2013 berdasarkan tugas utama. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan (discrepancy). Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan BP di SMPN Kabupaten Klaten yang mengimplementasikan Kurikulum 2013. Sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah SMPN 2 Wedi, SMPN 1 Prambanan, SMPN 4 Klaten, SMP PGRI 18 Klaten, SMPN 1 Delanggu, dan SMPN 2 Klaten. Sumber informasi penelitian ini adalah 6 kepala sekolah, 12 rekan sejawat, dan 297 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian kinerja, angket, pedoman wawancara, dan daftar dokumentasi. Instrumen lembar penilaian divalidasi dengan teknik expert judgment dan formula Aiken’s V sedangkan reliabilitas diestimasi dengan Intraclass Correlation Coefficient (ICC). Sementara itu, validitas angket dihitung dengan teknik analisis faktor exploratory dan reliabilitasnya diestimasi dengan teknik Cronbach Alpha. Analisis data digunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial Manova (Multivariate Analysis). Statistik deskriptif untuk menghitung tinggi/rendahnya kinerja guru. Sedangkan manova untuk menghitung ada atau tidak adanya perbedaan antara persepsi peserta didik terhadap tugas utama guru ditinjau dari para penilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru PAI dan BP di SMPN Kabupaten Klaten yang mengimplementasikan Kurikulum 2013 berdasarkan tugas utama termasuk dalam kategori baik. Hal ini didasarkan pada penilaian kepala sekolah, rekan sejawat, dan peserta didik terhadap kinerja guru PAI dan BP di SMPN Kabupaten Klaten termasuk kategori sangat baik dan baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada perbedaan rerata skor kinerja guru pada tugas utama (mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, serta menilai dan mengevaluasi) antara hasil penilaian kepala sekolah, rekan sejawat, dan peserta didik. 1) Pada tugas mendidik, melatih, serta menilai dan mengevaluasi terdapat perbedaan penilaian antara peserta didik dengan kepala sekolah. 2) Pada tugas mengajar terdapat perbedaan penilaian antara peserta didik dengan kepala sekolah, maupun peserta didik dengan rekan sejawat. 3) Pada tugas mengarahkan terdapat perbedaan penilaian antara rekan sejawat dengan kepala sekolah. 4) Pada tugas membimbing tidak terdapat perbedaan penilaian yang diberikan oleh peserta didik, rekan sejawat, maupun kepala sekolah. Kepala sekolah memberikan nilai paling tinggi dibandingkan dengan penilai lainnya pada seluruh tugas utama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kinerja guru, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12598

Actions (login required)

View Item View Item