Evaluasi Kesiapan Perangkat Pembelajaran Pengantar Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen di DIY dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013

Wibawa, Eka ary (2014) Evaluasi Kesiapan Perangkat Pembelajaran Pengantar Akuntansi SMK Bisnis dan Manajemen di DIY dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eka-ary-wibawa-12701251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan perangkat pembelajaran pengantar akuntansi SMK bisnis dan manajemen di DIY dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan. Objek penelitian ini adalah kesiapan perangkat pembelajaran pengantar akuntansi yang terdiri atas silabus, RPP, rancangan penilaian, buku guru, buku siswa, dan persepsi siswa tentang kesiapan perangkat pembelajaran pengantar akuntansi. Sumber informasi penelitian ini adalah dokumen perangkat pembelajaran, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian perangkat pembelajaran, angket, dan pedoman wawancara. Instrumen lembar penilaian divalidasi dengan teknik expert judgment dan formula Aiken’s V, sedangkan reliabilitas diestimasi dengan intraclass correlation coefficient (ICC). Validitas angket dihitung dengan teknik analisis faktor eksploratori dan reliabilitasnya diestimasi dengan rumus Alpha. Analisis data digunakan teknik deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan analisis multivariat. Teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis kesiapan silabus, kesiapan RPP, kesiapan rancangan penilaian, dan persepsi siswa tentang kesiapan perangkat pembelajaran. Teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis kesiapan buku guru dan buku siswa. Analisis multivariat untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan persepsi siswa tentang kesiapan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) silabus pengantar akuntansi SMK bisnis dan manajemen di DIY cukup siap untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013, (2) RPP siap untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013, (3) rancangan penilaian kurang siap untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013, (4) buku guru belum siap untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013, (5) buku siswa belum siap untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013, dan (6) persepsi siswa tentang kesiapan perangkat pembelajaran pengantar akuntansi mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran pengantar akuntansi belum siap untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013. Ada perbedaan persepsi siswa tentang kesiapan perangkat pembelajaran akuntansi antara siswa SMK Negeri 1 Bantul, SMK Negeri 1 Pengasih, dan SMK Negeri 1 Wonosari. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran pengantar akuntansi SMK bisnis dan manajemen di DIY belum siap untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, perangkat pembelajaran, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 05 Jul 2022 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12597

Actions (login required)

View Item View Item