Estimasi Kesalahan Baku Pengukuran Soal-Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas XII SMAN di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau

Andrian, Dedek (2014) Estimasi Kesalahan Baku Pengukuran Soal-Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas XII SMAN di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dedek-andrian-12701251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengestimasi kesalahan pengukuran soal-soal UAS Mata Pelajaran Matematika SMAN Jurusan IPA dan IPS yang dirancang oleh guru SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, MAN; dan (2) melihat akurasi berbagai metode dalam mengestimasi kesalahan baku pengukuran. Analisis data didasarkan pada respon peserta didik terhadap perangkat tes UAS kelas XII Mata Pelajaran Matematika tahun ajaran 2013/2014. Sumber data berupa lembar jawaban dari 288 siswa SMAN 1, 215 dari SMAN 2, 103 dari SMAN 3, dan 101 dari MAN. Analisis butir soal delapan perangkat tes tersebut dilakukan dengan Metode Thorndike, Metode Compound Binomial, Metode Analisis Varians, dan Metode Teori Respons Butir. Hasil analisis estimasi kesalahan baku pengukuran berdasarkan Metode Thorndike terkecil terdapat pada perangkat tes SMAN 1 Jurusan IPA, sedangkan nilai terbesar terdapat pada perangkat tes SMAN 3 Jurusan IPA. Berdasarkan Metode Compound Binomial, nilai estimasi kesalahan baku pengukuran terkecil terdapat pada perangkat tes MAN Jurusan IPS, sedangkan nilai terbesar terdapat pada perangkat tes SMAN 3 Jurusan IPA. Berdasarkan Metode Analisis Varians, nilai estimasi kesalahan baku pengukuran terkecil terdapat pada perangkat tes SMAN 3 Jurusan IPS, sedangkan nilai terbesar terdapat pada perangkat tes SMAN 1 Jurusan IPS. Berdasarkan Metode Teori Respons Butir, nilai estimasi kesalahan baku pegukuran terkecil terdapat pada Model Logistik 1-Parameter pada perangkat tes MAN Jurusan IPA, yaitu pada θ=0 dengan nilai sebesar 0,322, sedangkan nilai estimasi terbesar terdapat pada Model Logistik 3-Parameter pada perangkat tes MAN Jurusan IPS, yaitu pada θ=-3 dengan nilai sebesar 2,232. Akurasi Metode estimasi kesalahan baku pengukuran secara berturut-turut adalah Metode Compound Binomial, Metode Thorndike, Metode Analisis Varians dan Metode Teori Respons Butir, yaitu 0,917, 1,953, 2,108 dan 2,232.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: estimasi, kesalahan pengukuran, perangkat tes
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 28 Jun 2022 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12593

Actions (login required)

View Item View Item