Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK Berbasis Kurikulum 2013

Anam, Atfalul (2014) Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK Berbasis Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-atfalul-anam-12701251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kualitas buku teks pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (BTPBSI) SMA/SMK berbasis Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Aspek yang dievaluasi adalah kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan keterbacaan teks. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan mix method. Model evaluasi yang digunakan adalah Model Evaluasi Kesenjangan yang dilakukan dengan tiga tahap, yaitu telaah standar, penampakan di lapangan, dan analisis kesenjangan. Data penelitian aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian, dan aspek kelayakan kebahasaan, didapatkan dari 12 reviewer. Reviewer adalah guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas X SMA/SMK di Kota Yogyakarta. Data penelitian aspek keterbacaan diperoleh dari 613 siswa kelas X SMA/SMK di wilayah Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian disusun berdasarkan pedoman penilaian buku teks pelajaran BSNP. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian buku teks pelajaran, lembar catatan penilaian buku, pedoman wawancara, dan cloze test. Validitas instrumen dilakukan dengan metode Expert Judgement. Instrumen dinyatakan valid oleh dua Judgement. Reliabilitas instrumen dilakukan dengan metode Interater dengan nilai korelasi sebesar 0.818. Analisis data penelitian dilakukan dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat kekurangan aspek isi terkait materi yang kurang kontekstual dengan pembelajaran SMK, konsep tentang jenis teks yang Bahasa Inggris, dan penjabarannya; (2) kekurangan pada aspek penyajian terkait sistematika yang kurang scientific dan rangkuman, serta ketidaksesuaian antara materi dengan silabus; (3) aspek kebahasaan memiliki kekurangan pada kalimat yang kompleks dan panjang, serta diksi yang tidak biasa digunakan; (4) Keterbacaan teks BTPBSI SMA/SMK berbasis Kurikulum 2013 menunjukkan buku tersebut dapat dibaca siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, buku teks pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 28 Jun 2022 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12592

Actions (login required)

View Item View Item