Studi Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kinerja Kepala Madrasah dan Prestasi Guru dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Kabupaten Wakatobi

Arsyad, Arsyad (2014) Studi Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kinerja Kepala Madrasah dan Prestasi Guru dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Kabupaten Wakatobi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arsyad-11701251020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh: (1) kinerja kepala madrasah terhadap prestasi belajar siswa, (2) prestasi guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) kinerja kepala madrasah dan prestasi guru dalam pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa MTs Kabupaten Wakatobi. Penelitian ini merupakan penelitian ex post- facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di MTs Kabupaten Wakatobi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Kabupaten Wakatobi sebanyak 169 dengan sampel sebanyak 118 siswa diambil secara acak. Analisis hasil uji coba instrumen penelitian dilakukan dengan teknik analisis faktor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dukumentasi. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data kinerja kepala madrasah dan prestasi guru dalam pembelajaran dan dokumentasi untuk nilai raport siswa kelas VIII. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik regresi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kinerja kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (t = 4,936 dan p < 0,05), dengan koefisien β sebesar 0,417. (2) Prestasi guru dalam pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (t = 7,568 dan p < 0,05), dengan koefisien β sebesar 0,574. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan tentang kinerja kepala madrasah dan prestasi guru dalam pembelajaran secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa (t1 = 1,755, t2 = 7,399 dan p1, p2 < 0,05), dengan diperoleh koefisien β1 sebesar 0,560 dan koefisien β2 sebesar 0,133.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar siswa, persepsi siswa tentang kinerja kepala madrasah, prestasi guru dalam pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 28 Jun 2022 02:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12591

Actions (login required)

View Item View Item