Keefektifan Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Lectora di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sleman

Tuginem, Tuginem (2014) Keefektifan Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Lectora di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tuginem-12703259024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penyelenggaraan pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis lectora di Dinas Dikpora Kabupaten Sleman Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif dan berdasarkan konsep Kirpatrick dengan empat tingkatan yaitu: (1) evaluasi tingkat reaksi; (2) evaluasi tingkat belajar; (3) evaluasi tingat perilaku, dan (4) evaluasi tingkat dampak. Subjek penelitian adalah guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) komponen penyelenggaraan pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis lectora dengan rata-rata 56,55 berada dalam kategori efektif (45,01-58,50), artinya tanggapan dari peserta dalam hal penyelenggaraan pelatihan baik untuk diselenggarakan oleh lembaga tetapi belum optimal; (2) komponen kemampuan fasilitator pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis Lectora dengan rata-rata 64,79 berada dalam kategori sangat efektif (>61,75), artinya peserta mempunyai persepsi yang sangat baik terhadap perilaku fasilitator dalam mengajar dan melatih peserta selama pelatihan; (3) komponen hasil belajar peserta pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis lectora dengan rata-rata 75,44 berada dalam kategori efektif (65, 01-84,50), artinya bahan ajar tersebut dapat digunakan atau diimplementasikan dalam proses belajar mengajar di sekolah masing-masing; 4) komponen pemenuhan kompetensi pedagogik pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis lectora dengan rata-rata 24,10 berada dalam kategori sangat efektif (>22,75), artinya standar kompetensi pedagogik guru terpenuhi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pelatihan, penyusunan bahan ajar, lectora
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 30 Dec 2022 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12578

Actions (login required)

View Item View Item