Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Wonosobo

Handayani, Titik (2014) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Wonosobo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-titik-handayani-11703254015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh variabel gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya organisasi secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri di Kabupaten Wonosobo. Ukuran sampel penelitian yang berjumlah 118 guru, dipilih berdasarkan teknik proportional sampling. Penyusunan instrumen dibuat dalam bentuk angket, dengan jawaban berskala 1-4, terdiri atas 54 butir. Butir instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data adalah yang memenuhi syarat analisis konstruk dan berstatus sahih. Reliabilitasnya dihitung dengan teknik alfa cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi ganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian membuktikan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah terhadap kinerja guru (p<0,05) dan memberikan sumbangan sebesar 18,9%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru (p<0,05) dan memberikan sumbangan sebesar 20,2%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru (p<0,05) dan memberikan sumbangan sebesar 11,7%, (4) terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru (p<0,05) dan memberikan sumbangan sebesar 38,9%. Hal ini berarti jika gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan budaya organisasi ditingkatkan kualitasnya, maka akan berpengaruh dan memberikan sumbangan terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Wonosobo.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, motivasi kerja guru, budaya organisasi, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 28 Dec 2022 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12577

Actions (login required)

View Item View Item