Pengaruh Profesionalisme Guru, Motivasi Kerja Guru, Budaya Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa SMK Negeri Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Sleman

Rahardini, Taufika (2014) Pengaruh Profesionalisme Guru, Motivasi Kerja Guru, Budaya Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa SMK Negeri Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-taufika-rahardini-12703254016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya sumbangan variabel pengaruh profesionalisme guru, motivasi kerja guru, budaya sekolah secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa SMK Negeri Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Sleman. Penelitian ini adalah penelitian ekspose facto. Subjek penelitian adalah para guru SMK Negeri Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Sleman yang berjumlah 236 orang dengan sampel 149 orang yang dipilih berdasarkan teknik proportional cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket, dengan jawaban berskala 1-4, terdiri atas 63 butir. Validitas instrumen meliputi validitas logis (expert judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson product moment correlations. Reliabilitasnya dihitung dengan teknik alfa Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi linier ganda untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian membuktikan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan signifikan dari profesionalisme guru terhadap kedisiplinan siswa dengan sebesar 38,1 %; (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi kerja guru terhadap kedisiplinan siswa sebesar 35,8 %; (3) terdapat pengaruh yang signifikan dari budaya sekolah terhadap kedisiplinan siswa sebesar 50,0 %; (4) terdapat pengaruh yang signifikan dari profesionalisme guru, motivasi kerja guru, budaya sekolah secara bersama terhadap kedisiplinan siswa sebesar 47,7 % ;. Hal ini berarti jika profesionalisme guru, motivasi kerja guru, budaya sekolah, ditingkatkan kualitasnya, maka akan berkontribusi positif terhadap kedisiplinan siswa SMK Negeri Bisnis dan Manajemen di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru, motivasi kerja guru, budaya sekolah, kedisiplinan siswa
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 28 Dec 2022 08:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12576

Actions (login required)

View Item View Item