Keefektifan Pelaksanaan Prinsip Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada SMK Negeri 1 Pangkalan Kerinci dan SMK Negeri 1 Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau

Ariani, Rika (2014) Keefektifan Pelaksanaan Prinsip Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada SMK Negeri 1 Pangkalan Kerinci dan SMK Negeri 1 Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rika-ariani-12703259029.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan prinsip Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMK Negeri 1 Pangkalan Kerincidan SMK Negeri 1 Ukui ditinjau dari sisi (1) konteks, (2) input, (3) proses dan (4) produk/hasil. Metode penelitian yang digunakan adalah studi evaluasi dengan analisis data deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode CIPP (Context, Input, Process, Product) dari Stufflebeam. Subyek penelitian adalah kepala sekolah selaku penanggung jawab pelaksanaan PSG, wakil kepala sekolah urusan Dunia Usaha dan Industri (Humas) selaku panitia pelaksana PSG, wakil kepala sekolah urusan kurikulum selaku Koordinator jadwal pelaksanaan PSG, ketua jurusan masing-masing prodi, guru, dan siswa yang telah melaksanakan PSG untuk jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Sepeda Motor (TSM), dan Teknik Kendaraan Bermotor (TKR). 123 siswa telah diberi kuesioner secara individual. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan dari sisi (1) variable konteks: organisasi pelaksana/manajemen program pelaksanaan PSG sudah terstruktur, relevansi program PSG sudah cukup relevan dengan skill dan jurusan siswa, dan berdasarkan penilaian dari responden secara keseluruhan variable konteks ini sangat efektif dalam pelaksanaan PSG, (2) vaiabel input: pengelolaan peserta pelaksana PSG, tenaga kependidikan, kurikulum, sarana dan prasarana PSG, dan pembiayaan PSG telah terkelola dengan baik. Berdasarkan penilaian responden variabel input memiliki tingkat keefektifan yang efektif, (3) variabel proses: proses persiapan pelaksanaan PSG di sekolah sudah terorganisir dengan baik, namum proses pelaksanaan PSG oleh siswa pada Dunia Usaha dan Dunia Industri tidak terlaksana sepenuhnya seperti yang telah diprogramkan. Hal ini dikarenakan faktor internal dari siswa ataupun eksternal yang timbul dari DUDI ataupun sekolah. Berdasarkan penilaian responden pada umumnya variabel proses ini mempunyai tingkat keefektifan yang efektif, (4) aspek hasil kemanfaatan pelaksanaan PSG telah meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam menghadapi Ujian Nasional dan meningkatkan kemampuan siswa dibidangnya. Selain itu sebagian siswa juga telah direkrut oleh industri terkait. Berdasarka hasil penilaian responden maka diperoleh tingkat keefektifan variabel product sangat efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan pelaksanaan prinsip pendidikan system ganda pada SMKN 1 Pangkalan Kerinci dan SMKN 1 Ukui
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12565

Actions (login required)

View Item View Item