Pengaruh Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, dan Kinerja Komite Sekolah terhadap Keefektifan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman

Susanto, Rahmat pandoyo (2014) Pengaruh Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, dan Kinerja Komite Sekolah terhadap Keefektifan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmat-pandoyo-susanto-12703259019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja komite sekolah secara parsial maupun bersama-sama terhadap keefektifan sekolah di sekolah dasar negeri se-kecamatan Mlati kabupaten Sleman. Populasi penelitian adalah 31 sekolah dasar negeri se-kecamatan Mlati kabupaten Sleman guru, dengan responden sebanyak 151 orang guru. Pemilihan responden menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model Rating Scale. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana, regresi ganda dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap keefektifan sekolah dengan kontribusi (r2) = 86,60% (p < 0,05); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel kinerja guru terhadap keefektifan sekolah dengan kontribusi (r2) = 62,10% (p < 0,05); (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kinerja komite sekolah terhadap keefektifan dengan kontribusi sebesar (r2) = 81,00% (p < 0,05); (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama variabel kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, kinerja guru, dan kinerja komite sekolah terhadap keefektifan sekolah dengan koefisien diterminasi (R2) = 80,10% (p < 0,05)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kinerja, dan keefektifan sekolah
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Manajemen
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 29 Dec 2022 09:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12564

Actions (login required)

View Item View Item