Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru IPA SMP Di Kecamatan Sleman melalui Optimalisasi Kegiatan Lesson Study

Mardiningsih, Lilik (2014) Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru IPA SMP Di Kecamatan Sleman melalui Optimalisasi Kegiatan Lesson Study. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lilik-mardiningsih-07703259007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan profesionalisme guru IPA SMP melalui kegiatan lesson study di tingkat kecamatan, 2) mengoptimalkan kegiatan lesson study bagi guru IPA se Kecamatan Sleman, dan 3) meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada peningkatan minat, motivasi, dan hasil belajar bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Tindakan penelitian yang dilakukan yaitu berupa lesson study terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian yaitu 10 orang guru mata pelajaran IPA dan 32 siswa SMP di Kecamatan Sleman. Data tentang motivasi siswa, kompetensi kepribadian guru, dan data kompetensi profesional guru dikumpulkan melalui angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian mempelihatkan bahwa: pertama, upaya peningkatan profesionalisme guru melalui lesson study dilakukan sebanyak tiga siklus. Pada siklus 1, lesson study diisi dengan kegiatan berupa telaah kurikulum, penyusunan RPP, dan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Pada siklus 2, lesson study diisi dengan latihan pembelajaran dengan pendekatan CTL, dilanjutkan dengan praktik mengajar di dalam kelas. Pada siklus 3, lesson study diisi dengan pelatihan penyusunan alat evaluasi pembelajaran. Kedua, kegiatan lesson study dapat meningkatan profesionalisme guru dan berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa. Kompetensi pribadi pada siklus 1, ada 15,6% guru yang masuk kategori baik, 68,7% masuk kategori cukup dan 15,6% masuk kategorti kurang. Pada siklus 2 ada 3,1% masuk kategori sangat baik, 43,8% guru masuk kategori baik, 43,8% masuk cukup, dan 9,4% kurang baik. Kompetensi profesional pada siklus 1, ada 25% guru yang masuk kategori baik, 53,1% masuk kategori cukup dan 21,8% masuk kategori kurang baik. Pada siklus 2 ada 9,4% sudah sangat baik, 37,2% masuk baik, 46,9% cukup dan 6,3% masuk kategori kurang baik. Dengan demikian optimalisasi pelaksanaan lesson study dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, sehingga terjadi peningkatan kompetensi profesional guru IPA yang berdampak pada peningkatan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, IPA,Lesson Study
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 28 Dec 2022 08:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12556

Actions (login required)

View Item View Item