Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Media Berbasis Komputer terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Membuat Pola Sesuai Desain Kelas XI di SMK N 6 Yogyakarta

Himmah, Laila Nurul (2014) Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Media Berbasis Komputer terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Membuat Pola Sesuai Desain Kelas XI di SMK N 6 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-laila-nurul-himmah-12702251061.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pencapaian kompetensi siswa membuat pola sesuai desain yang menggunakan strategi pembelajaran media Adobe Flash dengan Power Point, (2) perbedaan pencapaian kompetensi siswa membuat pola sesuai desain pada kelompok kemampuan tinggi yang menggunakan strategi pembelajaran media Adobe Flash dengan Power Point, (3) perbedaan pencapaian kompetensi siswa membuat pola sesuai desain pada kelompok kemampuan rendah yang menggunakan strategi pembelajaran media Adobe Flash dengan Power Point, dan (4) interaksi penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan kemampuan siswa terhadap pencapaian kompetensi siswa dalam membuat pola sesuai desain kelas XI di SMK N 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan variabel terikat pencapaian kompetensi siswa dalam membuat pola sesuai desain, variabel bebas media pembelajaran berbasis komputer, dan variabel moderator kemampuan siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Busana Butik SMK N 6 Yogyakarta yang dipilih secara acak 2 kelas (XI BB 2 dan XI BB 3). Kelas XI BB 2 yang menjadi kelas eksperimen diterapkan pembelajaran dengan media Adobe Flash, sedangkan kelas XI BB 3 yang menjadi kelas kontrol diterapkan pembelajaran dengan media Power Point. Jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah 22 siswa, sehingga jumlah keseluruhan 44 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar penilaian unjuk kerja dan soal post test. Data dianalisis dengan menggunakan uji Anova jalur ganda dan uji lanjut Tukeys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi siswa membuat pola sesuai desain yang menggunakan strategi pembelajaran media Adobe Flash dengan media Power Point bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel (5,258 > 4,08), (2) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi siswa membuat pola sesuai desain pada siswa berkemampuan tinggi yang menggunakan strategi pembelajaran media Adobe Flash dengan media Power Point berdasarkan hasil uji Tukeys bahwa qo lebih besar dari HSD (5,230>4,282), (3) tidak terdapat perbedaan pencapaian kompetensi siswa membuat pola sesuai desain pada siswa berkemampuan rendah yang menggunakan strategi pembelajaran media Adobe Flash dengan media Power Point berdasarkan hasil uji Tukeys bahwa qo lebih kecil dari HSD (-0,040 > 4,282), dan (4) terjadi interaksi penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan kelompok kemampuan siswa terhadap pencapaian kompetensi siswa dalam membuat pola sesuai desain kelas XI di SMK N 6 Yogyakarta bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel (5,444 > 4,08)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media berbasis komputer, kemampuan siswa, kompetensi membuat pola sesuai desain
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 14 Sep 2022 02:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12551

Actions (login required)

View Item View Item